Presiden Indonesia yang Pernah Berkunjung ke Al Zaytun, Ada Soeharto hingga Megawati

Ponpes Al-Zaytun Indramayu Jawa Barat
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Pondok Pesantren Al Zaytun yang terletak di di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pertama kali dibangun pada 1 Juli 1999.

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

Sejak pertama diresmikan, Pesantren yang berdiri di atas lahan seluas 1.200 hektar ini selalu menjadi pusat perhatian, mulai dari pencapaian hingga kontroversi yang ada.

Menurut laporan The Washington Times, pada 2005 Al Zaytun disebut sebagai pesantren terbesar se-Asia Tenggara. Oleh karenanya, sejak dahulu pesantren ini kerap didatangi para politisi hingga presiden.

Panji Gumilang Divonis Satu Tahun Penjara Terkait Kasus Penistaan Agama

Tercatat, beberapa mantan presiden pernah berkunjung ke Al Zaytun, mulai dari Soeharto, Bj Habibie hingga Megawati Soekarnoputri. Lantas, apa saja yang mereka lakukan di Al Zaytun? Berikut ulasannya:

1. Soeharto

Jokowi Bakal Merapat ke Golkar? Begini Kata Airlangga Hartarto

Soeharto disebut pernah mengunjungi Al Zaytun hingga sempat bermalam di sana. Panji Gumilang sempat meminta Soeharto meresmikan Gedung Jenderal Besar H.M Soeharto seluas 20 ribu meter persegi. 

Sejumlah foto diambil ketika peresmian gedung pembelajaran yang dibangun di kompleks Pesantren Al Zaytun pada 2006 itu. Foto-foto tersebut memperlihatkan potret kedekatan Panji Gumilang dan Soeharto.

Halaman Selanjutnya
img_title