Al-Zaytun Trending! Berikut Daftar Pejabat Tinggi yang Mengunjunginya

Masjid Rahmatan Lil Alamin di Ponpes Al Zaytun
Sumber :
  • Twitter

VIVA Jabar Pada tanggal 1 Juli 1999, Pondok Pesantren Al Zaytun dibangun di Desa Mekarjaya, Kecamatan Gantar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat.

Sekda Purwakarta Tinjau Lokasi Bencana Tanah Bergerak di Pesanggrahan

Sejak diresmikan pertama kali, pesantren yang memiliki luas tanah seluas 1.200 hektar ini selalu menjadi fokus perhatian, baik dari segi pencapaian maupun kontroversi yang timbul.
Menurut laporan The Washington Times, pada 2005 Al Zaytun disebut sebagai pesantren terbesar se-Asia Tenggara. Oleh karenanya, sejak dahulu pesantren ini kerap didatangi para politisi hingga presiden.

Tercatat, beberapa mantan presiden pernah berkunjung ke Al Zaytun, mulai dari Soeharto, BJ Habibie hingga Megawati Soekarnoputri. Lantas, apa saja yang mereka lakukan di Al Zaytun? Berikut ulasannya:

Lima Bakal Calon Bupati Subang Berebut Tiket di PKB

1. Soeharto

Soeharto disebut pernah mengunjungi Al Zaytun hingga sempat bermalam di sana. Panji Gumilang sempat meminta Soeharto meresmikan Gedung Jenderal Besar H.M Soeharto seluas 20 ribu meter persegi.

Halal Bihalal, Gibas Santuni Anak Yatim

Sejumlah foto diambil ketika peresmian gedung pembelajaran yang dibangun di kompleks Pesantren Al Zaytun pada 2006 itu. Foto-foto tersebut memperlihatkan potret kedekatan Panji Gumilang dan Soeharto.

Kedekatan Soeharto dengan pimpinan Al Zaytun itu memang bukan desas-desus. Saat dikonfirmasi awak media, Panji Gumilang mengaku punya hubungan baik dengan Keluarga Cendana, termasuk dengan Soeharto.  

Halaman Selanjutnya
img_title