Viral! Empat Tahun Dikebumikan di Ma'ala, Jenazah KH Maimun Zubair Masih Utuh

Jenazah KH Maimun Zubair di pemakaman Ma'ala Masih Utuh
Sumber :
  • screenshot berita viva news

VIVA Jabar - KH Maimun Zubair atau yang akrab disapa Mbah Maimun meninggal dunia di Mekah, Arab Saudi dan jenazahnya dikebumikan di kompleks pemakaman Ma’la pada Selasa 6, Agustus 2019 lalu. Meski telah wafat hampir 4 tahun, kabarnya jenazah Mbah Maimun masih maujud atau utuh saat makamnya dibongkar oleh pemerintah Arab Saudi.

Pelatih Arab Saudi Bocorkan Kekuatan Uzbekistan Jelang Semifinal Piala Asia U-23

Diketahui lantaran terbatasnya lahan pemakaman di Ma’la, makam wajib dibongkar tiga atau empat tahun sekali. Nantinya, jenazah yang telah hancur akan dipindahkan, adapun jenazah yang masih utuh tetap dibiarkan pada tempatnya. Kendati demikian tidak diketahui akan dibawa kemana tulang belulang yang sudah diangkat.

Hal ini diketahui melalui video yang dibagikan akun TikTok Choiril Himam. Dalam video tersebut dinarasikan bahwa jenazah Mbah Maimun masih utuh saat kuburnya dibongkar pada Minggu, 23 Juli kemarin.

Timnas Indonesia U-23 Wajib Waspada, Ada Sosok Ini di Daftar Pemain Uzbekistan

“Masyaallah makam waliyullah Mbah Maimun Zubair jasadnya masih utuh ketika mau dibongkar,” tulis keterangan video seperti dilihat Senin, 24 Juli 2023.

Perekam video mengatakan, informasi soal utuhnya jazad KH Maimun Zubair didapat langsung dari petugas pemakaman yang membongkar langsung makam tersebut.

Timnas Indonesia U-23 Jumpa Uzbekistan di Semifinal Piala Asia U-23

“Kami salah satu jemaah haji kloter terakhir mendengar kabar bahwa makam KH Maimun Zubair akan dipindah. Setelah saya cek dan saya tanyakan, insyaallah jawaban oleh petugas, katanya ‘KH Maimun masih maujud, Insyaallah beliau tidak akan dipindah,” demikian ujar orang yang merekam video Untuk meyakinkan pernyataannya, perekam video juga menghampiri petugas pemakaman dan memintanya menyampaikan langsung melalui video.

“Mainum maujud, seikh Maimun maujud, maujud,” ujar petugas pemakaman

Halaman Selanjutnya
img_title