Sikap Berani Kolonel Totok Tembus Sorong Selatan, Demi Cegah Konflik Sosial di Papua

pasukan gabungan TNI di Papua
Sumber :
  • screenshot berita viva news

VIVA Jabar TNI Angkatan Darat sedang meningkatkan program Dialog Interaktif untuk mencegah konflik sosial di masyarakat. Program tersebut saat ini diimplementasikan di Sorong Selatan, Papua Barat, dan merupakan program andalan Mabesad.

Purnawirawan TNI-Polri Desak Pemakzulan Jokowi dan Diskualifikasi Prabowo-Gibran

Dalam dialog interaktif yang digelar di Aula Koramil 01 Timinabuhan Kodim 1807/Sorong selatan, Mabesad mengutus Staf Intelijen Angkatan Darat yang diwakili oleh Kolonel Inf Totok Sutriono yang saat ini menjabat sebagai Pamen Denma Mabesad.

Kolonel Inf Totok Sutriono bukanlah orang sembarangan di lingkungan TNI AD. Selain merupakan Pamen Denma Mabesad, dia adalah salah satu Perwira Menengah TNI AD yang baru saja lulus dari PPRA LXIII TA.2022 Lemhanas RI.

Berseragam Lengkap, Tunangan Ayu Ting Ting Disebut Mirip Jokowi

Di hadapan ratusan peserta Dialog Interaktif yang terdiri dari tokoh masyarakat, tokoh agama, mahasiswa lintas univesitas/Perguruan Tinggi, serta organisasi kepemudaan di Sorong Selatan, Kolonel Inf Totok menegaskan bahwa untuk menjaga persatuan dan kesatuan di wilayah Papua diperlukan peran serta seluruh elemen bangsa, termasuk pemerintah daerah.  
Menurut Totok, kunci dari perdamaian di Papua, khususnya di Sorong Selatan adalah komunikasi lintas elemen, serta komitmen kuat untuk bersama-sama membangun Papua di masa mendatang.

Tidak hanya itu, Kolonel Inf Totok juga mengingatkan bahwa saat ini masyarakat dihadapkan dengan perkembangan dunia informasi yang sangat terbuka, seperti media sosial (Medsos). Dengan demikian, dia berpesan kepada seluruh masyarakat Papua, khususnya para pemuda agar bijak dalam menggunakan medsos.

Dianggap Anak Sendiri, Ini Panggilan Muhammad Fardhana pada Ayah Ayu Ting Ting

"Melalui kegiatan ini, kita juga berharap dapat meningkatkan kerjasama dan sinergitas yang baik secara integral antara TNI AD, Pemerintah Daerah  dan seluruh komponen masyarakat di wilayah Sorong Selatan, terutama dalam mencegah terprovokasinya masyarakat akibat berita hoaks dan propaganda yang bertujuan untuk menciptakan disintegrasi bangsa," kata Kolonel Inf Totok Sutriono dalam keterangan resminya, Rabu, 26 Juli 2023.

Bupati Sorong Selatan Samsudin Anggiluli yang turut hadir menjadi narasumber dalam Dialog Interaktif yang mengusung tema "Peran Seluruh Komponen Masyarakat Dalam Mencegah Konflik Sosial" itu menilai bahwa kegiatan ini sangat penting di Era Globalisasi Informasi dan Teknologi saat ini karena perkembangan situasi dan kondisi saat ini sangat rentang dengan isu-isu negatif yang berupaya untuk memecah belah bangsa.

Halaman Selanjutnya
img_title