Hasil Tes Kejiwaan Pelaku Mutilasi Terhadap Mahasiswa UMY Telah Dirilis, Ternyata

Polda DIY bersama pengurus PSHT dan Brajamusti gelar konpers.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Cahyo Edi

VIVA Jabar - Beberapa Minggu yang lalu, warga Sleman digegerkan dengan penemuan potongan tubuh korban mutilasi yang ditemukan di lima titik yang berbeda. Lalu ternyata usut punya usut setelah dtelusuri oleh pihak kepolisian ternyata korban merupakan Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Yogyarakarta (UMY).

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

Dua pelaku kasus pembunuhan dan mutilasi terhadap seorang mahasiswa berinisial R, yaitu W (29) warga Magelang dan RD (38) warga Jakarta Selatan telah menjalani tes kejiwaan. Dari hasil tes kejiwaan diketahui kedua pelaku secara sadar melakukan mutilasi terhadap tubuh korban. Dirreskrimum Polda DIY Kombes Pol FX Endriadi mengatakan tes kejiwaan kepada kedua pelaku dilakukan oleh tim dari Biro Psikologi Polda DIY. Hasil dari tes kejiwaan disebut Endriadi sudah keluar hasilnya.

"(Hasil tes) Dari Biro Psikologi Polda DIY, motif mutilasi dilakukan secara sadar. Tujuannya untuk menghilangkan barang bukti," tutur Endriadi, dikutip Minggu, 30 Juli 2023.

Kemenag akan Gelar Sidang Isbat Besok, Hari Raya Idul Fitri Diprediksi Serentak

Terkait perkembangan kasus, Endriadi menerangkan pihaknya saat ini sedang menyusun pemberkasan terhadap kedua pelaku tersebut.

"Untuk kegiatan pemberkasan sudah cukup," terang Endriadi. Endriadi menjabarkan jika pihaknya masih menunggu hasil tes DNA yang hingga saat ini belum keluar hasilnya. Endriadi menjelaskan usai keluar hasil tes DNA, nantinya akan diketahui secara pasti identitas korban. Nantinya usai identitas korban diketahui, sambung Endriadi pihaknya akan menyerahkan jenazah korban yang saat ini masih berada di RS Bhayangkara Polda DIY ke pihak keluarga.

Muhammadiyah Tetapkan 1 Syawal 1445 H Jatuh pada 10 April 2024

"Nanti setelah tes DNA jadi. Kami serahkan (jenazah) ke keluarga," pungkas Endriadi.