Liga Indonesia Kalah Jauh dari Malaysia di Ranking Kompetisi Klub AFC

Lanjutan Liga 1, Madura United vs Persib Bandung
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar – Liga Indonesia kalah jauh dari Malaysia di ranking AFC untuk kompetisi klub Asia atau Liga. Ranking tersebut dirilis pada Senin, 27 Mei 2024.

Langkah Tegas Erick Thohir Guna Tingkatkan Kualitas Liga Indonesia

Peringkat Liga Indonesia ada di urutan ke-28 level benua Asia dari 46 negara. Adapun kompetisi klub Asia peringkat satu disandang oleh Arab Saudi dengan poin 103,1. Bukan tanpa sebab, di Saudi Pro League, banyak pemain-pemain top Eropa, termasuk Cristiano Ronaldo.

Di peringkat kedua dan ketiga level asia ditempati oleh Jepang dan Korea Selatan. Menariknya, K League merupakan kompetisi yang saat ini coba ditaklukkan oleh bek Timnas Indonesia, Pratama Arhan.

Ogah Balik ke Man City, Joao Cancelo Betah di Barcelona

Sementara peringkat satu di level Asia Tenggara ada kompetisi Thailand. Menariknya, negara tetangga Malaysia menempati posisi kedua di tingkat ASEAN. Sedangkan Vietnam ada di posisi ketiga.

Kemudian Singapura ada di peringkat keempat dan Filipina di ranking kelima. Menyusul Indonesia di urutan keenam. Liga Indonesia cuma unggul dari Liga Kamboja, Laos, Brunei Darussalam, dan Timor Leste pada level Asia Tenggara. Kompetisi Indonesia memiliki 14,8 poin saat ini. 

Update Ranking FIFA, TImnas Indonesia Ditempel Ketat Malaysia

Adapun Liga Indonesia kasta teratas yang dikenal dengan sebutan Liga 1 saat ini memasuki tahap akhir atau final championship series yang mempertemukan Persib Bandung dengan Madura United.

Persib Bandung unggul 3-0 di leg pertama dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Minggu (26/5). Leg kedua final Liga 1 akan digelar di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, Jumat 31 Mei 2024.