Hendro Yap Genapkan Medali Emas Kedelapan Di SEA Games 2023

Opening Ceremony SEA Games 2023
Sumber :
  • viva.co.id

VIVA Jabar - Kontingen Merah Putih kembali mempersembahkan medali emas di SEA Games 2023 Kamboja. Hendro Yap dari cabang olahraga atletik nomor 20 kilometer jalan cepat, membuahkan hasil sempurna dengan penambahan perolehan medali emas.

Status Pernikahan Syifa dan Agung Sah Meski Terungkap Mahar Pakai Emas Palsu

Hendro tampil enerjik, meski lomba di tengah cuaca Angkor Wet, Siem Reaf kala itu kering dengan suhu udara hampir mencapai 40 derajat celsius.

Pemilik personel best time 1:29:19 ini sejak awal start, dominan berada di depan dari 8 peserta lainnya. Ia pun langsung tancap gas, menekan kecepatan tinggi hingga meninggalkan semua lawan.

Indra Sjafri Tanggapi Kritik Pedas Coach Justin Terkait Level Timnas Indonesia

Memasuki kilometer kedua, hanya atlet Vietnam Vinh Vi Xuan yang terus menempel ketat. Jarak atlet Vietnam itu makin jauh di belakang Hendro saat memasuki separuh lomba.

Kemenangan hendro tak terbendung. Ia peserta pertama yang berhasil melewati garis finish. Emas yang diraih Hendro, atlet yang mengenyam pendidikan di Pusat Pelatihan Olahraga dan Latihan Mahasiswa (PPLM) yang dibiayai penuh oleh Pemerintah Provinsi Jabar ini, merupakan emas kelima sepanjang perhelatan SEA Games. 

'Kapok' Mahar Emas Palsu, Dedi Mulyadi Bakal Lakukan Hal Ini Sebelum Diminta Jadi Saksi Nikah Lagi

Sebelumnya, Hendro mendulang emas secara berurutan di tahun 2013 (Myanmar), 2015 (Singapura), 2017 (Malaysia), dan 2019 (Filipina). Di SEA Games 2021 (Hanoi) Hendro sebenarnya menjadi pemenang utama peraih emas, tetapi ia mendapat penalti penambahan waktu dua menit lantaran dinilai melakukan pelanggaran.

Sanksi tersebut membuat Hendro lebih lambat dari atlet Vietnam Vinh Vi Xuan dengan medali emas. Sementara Hendro terpaksa harus rela membawa pulang medali hanya berupa perak.

Halaman Selanjutnya
img_title