Hari Pertama, Atletik Penyumbang Emas Terbesar Di SEA Games 2023 Kamboja

Hendro Yap
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Atletik menjadi cabang olahraga penyumbang medali emas terbesar di hari pertama SEA Games 2023 Kamboja. Empat atlet yang turun di nomor jarak jauh berhasil mempersembahkan medali. Bahkan, 3 dari 4 atlet Merah Putih menyabet emas, Agus Prayogo, Odekta Elvina Naibaho dan Hendro Yap.

Galeri 24 Luncurkan Buku Batik Series

Selain 3 medali emas, atletik juga menyumbangkan perak untuk kontingen Merah Putih melalui Violine Intan Puspita yang membukukan 1 jam 55 menit 14 detik di nomor 20 km jalan cepat putri.

Raihan emas di SEA Games 2023 ini, pencapaiannya melebihi hasil akhir di SEA Games sebelumnya. Di Vietnam kala itu, atletik Indonesia hanya mampu membawa pulang sebanyak 2 emas melalui Odekta nomor maraton putri dan Eki Febri Ekawati di nomor tolak peluru putri.

DPRD Kota Bandung Bahas Raperda Keolahragaan, Bentuk Perhatian Serius kepada Insan Olahraga

Dengan hasil ini, atletik Indonesia berada di peringkat pertama dalam perolehan medali sebanyak 3 emas 1 perak. 

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Agus Prayogo menjadi the winner dalam mencapai finish dengan catatan waktu 2 jam 32 menit 59 detik. Lalu disusul Odekta yang turun sukses mempertahankan medali emas pada nomor maraton putri dengan capaian waktu 2 jam 48 menit 14 detik. 

DPRD Kota Bandung Soroti Kesejahteraan Atlet Berprestasi

Kemudian, Hendro Yap yang mampu mempertahankan kualitasnya dan menambah deretan raihan medali emas di bidang atletik dengan catatan waktu 1 jam 40 menit 42 detik di nomor 20 km. Terakhir, raihan perak diperoleh melalui Violine Intan Puspita yang membukukan catatan waktu 1 jam 55 menit 14 detik di nomor 20 km jalan cepat putri.