Kandas di SEA Games, Cabor Dayung Bidik Target 2 Emas di Asean Games 2023

Rudiansyah Pendayung Asal Depok Jawa Barat di SEA Games 2023
Sumber :
  • Viva.co.id

VIVA Jabar - Timnas Dayung Indonesia gagal menggapai target di SEA Games 2023 Kamboja. Pasalnya, nomor-nomor yang dipertandingkan tidak sesuai standar Asian Games

Kekalahan Timnas Indonesia U-23 dari Qatar Picu Gelombang Reaksi Negara-negara ASEAN

Hal itu dikemukakan Sekretaris Jenderal (Sekjend) Pengurus Besar (PB) Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI), Edy Suyono usai upacara penyambutan atlet SEA Games di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (18/5/2023) malam. 

"Dalam hal ini karena memang nomor-nomor yang dilombakan itu memang bukan nomor standar untuk Asian Games," ucap Edy dilansir viva.co.id

Shin Tae-yong Sebut Pelatih Korsel akan Stress Bila Ketemu Indonesia di Piala Asia U-23

Edy menjelaskan, sejak awal panitia pelaksana SEA Games 2023 memutuskan tidak melombakan dua nomor dayung yang selama ini menjadi andalan bagi Indonesia. Dua nomor tersebut yakni rowing dan kano.

Olehnya, lanjut Edy, Timnas Dayung Indonesia, pada SEA Games kali ini, hanya mengirim atlet untuk perlombaan traditional boat race. Dan, PB PODSI menentukan target hanya empat medali emas dari empat nomor yang diikuti. 

Erick Thohir Tegaskan Piala AFF Hanya Trial, Bukan Prioritas

Masih kata Edy, hasilnya cabang olahraga dayung terbukti mampu mempertahankan tradisi medali emas, dengan meraih tiga medali emas dari nomor Men's 12 crew (U-24) 250 meter, Men's 12 crew (open) 500 meter, dan Men's 12 crew (open) 800 meter.  

Edy mengungkapkan, walau tidak memenuhi target, namun hasil perolehan sebanyak 3 medali emas itu, cukup untuk membawa tim Indonesia menempati posisi kedua klasemen umum dayung, dengan tambahan satu medali perak, dan empat medali perunggu.

Halaman Selanjutnya
img_title