Kisah Petinju Indonesia yang Pernah Buat Lawan Jatuh hingga Meninggal Dunia

Mantan Petinju Indonesia, Heri Amol
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Dari sekian banyak cabang olahraga (Cabor), Indonesia tak kalah menarik dengan para atlet kebanggaan dibanding negara-negara lain di Asia Tenggara bahkan mancanegara. Sebut saja di cabor Tinju. Cabor ini pernah mencapai kejayaan pada masanya dan mendulang kesuksesan dengan raihan medali emas.

Penjual Pigura di Subang Mulai Kebanjiran Order Pesanan Prabowo-Gibran

Diantaranya, ada atlet kesohor di Indonesia, para petinju yang mampu berprestasi di level internasional. Mulai dari Ellyas Pical, Nico Thomas, Suwito Lagola, Ajib Albarado, Chris John, hingga Daud Yordan. 

Mereka semua adalah petinju-petinju terbaik yang pernah dimiliki Indonesia. Namun, terlepas dari legenda di atas, Indonesia juga punya petinju yang memiliki prestasi tak kalah cemerlang. 

Jalan Mulus Real Madrid Juara La Liga Usai Tekuk Barcelona

Dia adalah Heri Amol. Petinju berjuluk Bayi Ajaib itu lahir 18 September 1984 di kupang. Dalam catatan sejarah, Amol sempat pernah kalah dari petinju asal Korea Selatan, namun kemudian dinyatakan menang karena lawan tetiba meninggal dunia.

Melansir dari Boxrec, dia mencatatkan 72 pertandingan sepanjang kariernya sejak 2001-2016. Hari Amol mencatatkan 37 kemenangan (15 KO), 30 kalah (10 KO), dan lima kali imbang.  

Bayer Leverkusen Selangkah Lagi Raih Gelar Juara Bundesliga

Satu dari kemenangan yang paling menggemparkan yang diraih Feri Amol adalah saat menghadapi juara kelas layang ringan WBC Choi Yo-sam dari Korea Selatan. Bagaimana tidak? lawan dibuat KO hingga akhirnya meninggal dunia. 

Pertarungan mengerikan itu tersaji di Malam Natal tahun 2007 silam di Gwangjingu Hall, Seoul. Pada pertandingan itu, Amol sebenarnya kalah angka, tetapi pada ronde ke-12, saat waktu hanya tersisa 5 detik, Amol mampu menjatuhkan Choi (knockdown).

Halaman Selanjutnya
img_title