Bobotoh Gigit Jari, Laga Persib vs Persija Resmi Tanpa Penonton

Suntikan semangat dari para Bobotoh
Sumber :
  • VIVA/Dede Idrus

Jabar –Tidak ada harapan bagi Persib Bandung untuk mendapatkan dukungan penuh dari Bobotoh saat menjamu Persija Jakarta di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu 9 Maret 2024. Pasalnya, banding yang diajukan oleh klub berjuluk Maung Bandung itu ditolak mentah-mentah oleh PSSI.

Shin Tae-yong Tolak Latih Skuad Negara Lain Demi Timnas Indonesia, Meski Bayarannya Mahal

Keputusan ini membuat laga pekan ke-28 Liga 1 2023/2024 antara Persib dan Persija menjadi pertandingan hantu, alias tanpa kehadiran penonton. Padahal, duel ini merupakan salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh publik sepakbola Tanah Air, terutama oleh Bobotoh yang selalu setia mendukung Persib.

Alasan PSSI menolak banding Persib terungkap dalam surat bernomor 008/KEP/KB/BRI-LIGA 1/III/2024 yang diterima oleh manajemen Persib pada Jumat, 8 Maret 2024, sehari sebelum pertandingan.

Bung Towel ke Shin Tae-yong: Jangan Sembunyi Terus di Ketiak Erick Thohir

Surat itu menyatakan bahwa Komite Banding PSSI tidak menerima permohonan dan alasan banding Persib bernomor 05/DIR-PBB/III/2024 tertanggal 3 Maret 2024, dan mempertahankan Keputusan Komite Disiplin PSSI Nomor: 191/L1/SK/KD-PSSI/III/2024 tertanggal 1 Maret 2024.

Dalam surat itu, Komite Banding PSSI menjelaskan bahwa sanksi tanpa penonton yang dijatuhkan kepada Persib didasarkan pada fakta hukum yang terjadi pada tanggal 27 Februari 2024, di mana terjadi kerusuhan antara suporter Persib dan PSIS Semarang di luar perimeter stadion Si Jalak Harupat, setelah pertandingan berakhir.

Timnas Indonesia U-23 dalam Tren Positif, Erick Thohir Tegaskan Ini pada Al-Jazeera

Komite Banding PSSI juga menegaskan bahwa suporter Persib yang terlibat dalam kerusuhan tidak dapat dibenarkan dengan alasan adanya provokasi dari suporter PSIS. Menurut Komite Banding PSSI, kesalahan suporter PSIS tidak menghapus kesalahan suporter Persib.

Persib sendiri sangat kecewa dengan keputusan Komite Banding PSSI tersebut. Melalui rilis yang diterima VIVA, Persib menyatakan bahwa mereka sangat mengecam tindakan oknum-oknum suporter yang tidak bertanggung jawab, yang merugikan klub dan Bobotoh lainnya.

Halaman Selanjutnya
img_title