Awal Mula Adanya Piala Presiden di Indonesia

Piala Presiden
Sumber :
  • VIVA

VIVAJabar – Pada 19 Juli 2024 besok, Presiden Joko Widodo akan membuka Piala Presiden 2024 edisi keenam. Pembukaan ini berlangsung di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

Jadi Top Skor Liga 1 2023/2024, David da Silva Kini Menuju 100 Gol

Ada delapan klub yang mengikuti perhelatan ini. Kedelapan klub itu antara lain Persib Bandung, Persija Jakarta, Persis Solo, Arema FC, Borneo FC, PSM Makassar, Bali United, dan Manura FC. 

Menurut Maruarar Sirait, yang dilansir dari Viva.co.id, perhelatan Piala Presiden ini dilaksanakan dengan memakai uang full dari sponsor. Saat ini, uang dari sponsor sudah terkumpul sebesar Rp48 miliar.

Dapatkan Golden Visa dari Jokowi, Inilah Janji Shin Tae-yong untuk Indonesia

Piala Presiden 2024 ini adalah edisi keenam. Sebelumnya, kompetisi serupa diadakan pertama kali pada tahun 2015 lalu. KEmudian berlanjut pada tahun 2017, 2018, 2019, dan 2022.

Jokowi sendiri mengatakan bahwa Piala Presiden diadakan untuk kembali membangkitkan semangat sepakbola Indonesia. Saat itu, Indonesia sedang menjalankan sanksi dari FIFA berupa pembekuan buntut dari konflik PSSI dan Menpora.

Langkahnya Terhenti, Persib Harus Akui Kemenangan Persis Solo

Pada 17 April 2015 lalu, Imam Nahrawi, selaku Menpora saat itu mengeluarkan surat keputusan bernomor 0137 mengenai pembekuan PSSI. 

Dengan intervensi dari Kemenpora ini, FIFA pun akhirnya bersikap tegas. FIFA membekukan sepakbola di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title