Dua Punggawa Penting Timnas Dilarang Klub, Begini Respon Erick Thohir

Erick Thohir
Sumber :
  • VivaJabar

VIVA Jabar – Kontroversi pemanggilan pemain terus mengemuka, di tengah euforia keberhasilan Timnas Indonesia U-23 melaju ke final Piala AFF U-23, masih ada sedikit cerita yang bisa diceritakan.

Yakni mengenai Dzaky Asraf dan Rizky Ridho yang dilarang klubnya masing-masing membela Garuda Muda. Persija Jakarta dan PSM Makassar menolak melepas pemain utamanya yakni Rizky Ridho dan Dzaky Asraf.

Tenaga keduanya dinilai masih dibutuhkan klub masing-masing di Liga 1. Kedua klub beralasan Piala AFF U-23 bukan kalender resmi FIFA.

Rizky Ridho dan Dzaky Asraf juga menjadi pemain pilar di klubnya masing-masing. Sikap Persija dan PSM membuat geram Ketua PSSI Erick Thohir. Rizky Ridho dan Dzaky Asraf mengaku ingin membela Timnas U-23.

“Kalau memang pemainnya gak mau main, nah pemainnya yang ketemu saya. Cuma yang saya gak mau mereka dilarang main (oleh klubnya),” kata Erick Thohir.  

“Pemain itu punya hak individu untuk membawa Merah-Putih. Kalau pemainnya mau, beri dong kebebasan dia sebagai manusia,” lanjut Erick Thohir.

Di luar kontroversi tersebut, Timnas U-23 nyatanya tetap mampu melangkah ke final Piala AFF 2023. Skuad besutan Shin Tae-yong menaklukkan tuan rumah Thailand 3-1 di partai semifinal di Rayong Province Stadium, Kamis 24 Agustus 2023.

Selanjutnya, Indonesia ditunggu Vietnam di partai final. Duel digelar Sabtu 26 Agustus 2023.

Akhirnya Terbongkar, Ini Rahasia Uzbekistan Belum Pernah Kebobolan di Piala Asia U-23 2024