Jelang Lawan Villareal, Xavi Bocorkan Kunci Jitu Kemenangan Barcelona

Barcelona
Sumber :
  • CNN

Jabar – Patut diakui jika pertandingan antara FC Barcelona dan Villarreal FC diperkirakan akan berjalan seru sekaligus menegangkan. Menurut analisis sang manajer Xavi Hernandez, Blaugrana bisa meraih hasil 3 poin jika bisa mendominasi lini tengah.

Jalan Mulus Real Madrid Juara La Liga Usai Tekuk Barcelona

Whoscored mencatat, Barcelona dan Villarreal menjadi dua klub dengan persentase penguasaan bola tertinggi sejak awal musim menurut statistik peringkat. Blaugrana menjadi tim dengan penguasaan bola terbanyak, rata-rata 75 persen, sedangkan Villarreal 62,5 persen.

Kedua tim sama-sama berbahaya dalam hal ancaman gawang lawan. Barcelona total melepaskan 38 tembakan di dua laga pertamanya, 14 di antaranya tepat sasaran. Villarreal, sementara itu, melepaskan 33 tembakan dalam dua pertandingan pertamanya, delapan di antaranya tepat sasaran.

Xavi Salahkan Kartu Merah Araujo Usai Barcelona Dibantai PSG 4-1

Statistik menonjol di atas berbanding lurus dengan fakta bahwa kedua tim miliki amunisi garda depan yang sama-sama bagus. Villarreal menurunkan trio Alexander Sorloth, Gerard Moreno, dan Alejandro Rodriguez dalam formasi 4-3-3.

Barca sendiri dipelopori oleh Robert Lewandowski, didukung trio Ilkay Gundogan, Raphinha, dan Gavi. Artinya, kedua tim memiliki pemain yang sangat bagus di depan gawang dengan kecepatan dan naluri memangsa yang hebat.

Ucapan 'Miring' Komentator Soal Lamine Yamal Bikin Barcelona dan PSG Boikot TV Spanyol

Namun, kengerian pemain di lini depan tidak berarti apa-apa tanpa dukungan lini tengah yang memadai. Oleh karena itu, Xavi menegaskan bahwa peran sang gelandang akan sangat penting dalam membantu Blaugrana memenangkan pertandingan ini.

“Kuncinya adalah kendali atas permainan. Menguasai bola karena mereka memiliki tim yang sangat kuat di lini tengah,” tegas Xavi. “Gundogan dan nama-nama muda seperti Fermín, Gavi dan Casadó adalah pilihan alternatif yang sangat baik untuk posisi itu,” pungkasnya.