Detik-detik Kartu Merah Shin Tae-yong Usai Guinea Dapat Penalti 'Ghaib' ke Gawang Indonesia U-23

Momen saat Shin Tae-yong terkena kartu merah.
Sumber :
  • viva.co.id

Jabar – Pada pertandingan penentuan yang digelar di Clairefontaine, Paris, pelatih Shin Tae-yong dari Timnas Indonesia U-23 terkena kartu merah yang menjadi sorotan besar.

Kirim Utusan, Timnas Irak akan Urus Persiapan Lebih Awal di Indonesia

Peristiwa ini terjadi pada Kamis, 9 Mei 2024, dalam laga melawan Timnas Guinea U-23, dimana satu tiket tersisa untuk Olimpiade Paris 2024 diperebutkan.

Insiden tersebut berawal ketika wasit Francois Letexier memberikan kartu kuning kedua kepada Shin Tae-yong yang melakukan protes keras terhadap keputusan wasit yang dinilainya merugikan.

Lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026, Irak Kirim Tim ke Indonesia untuk Tinjau Hotel

Protes ini terjadi setelah wasit memberikan penalti kedua untuk Guinea, di mana Alfeandra Dewangga dianggap melanggar Algassime Bah.

Shin Tae-yong menilai bahwa tekel Dewangga bersih dan berhasil menguasai bola, namun keputusan wasit tetap tidak berubah.

Maarten Paes Buka Suara Usai Tak Dipanggil Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Meski tendangan penalti dari Algassime tidak berbuah gol karena menyamping, kegagalan Shin Tae-yong untuk melanjutkan pertandingan dan pengaruhnya pada tim semakin memperparah situasi.

Indonesia akhirnya gagal lolos ke Olimpiade, dengan kekalahan tipis 0-1, dimana gol semata wayang dicetak oleh Ilaix Moriba dari titik penalti pada menit ke-29 — sebuah keputusan yang juga terbukti kontroversial setelah analisis tayangan ulang yang menunjukkan pelanggaran terjadi di luar kotak penalti.

Halaman Selanjutnya
img_title