Jelang Championship Series, PT LIB Terjunkan VAR Mobile

VAR Mobile
Sumber :

VIVA JabarPT Liga Indonesia Baru (LIB) selalu operator kompetisi sepakbola Indonesia kini terus memacu persiapan menjelang Championship Series. Salah satu persiapan yang dilakukan ialah menyiapkan VAR Mobile.

Intip Kegiatan Marc Klok di Masa Libur, Ternyata...

Teknologi baru berupa Video Assistant Referee (VAR) memang direncakan akan digunakan pada babak Championship Series yang akan dimulai sejak 14 Mei 2024 mendatang.

"Proses persiapan alat-alat VAR berjalan sesuai jadwal. Rencananya, VAR Mobile yang dikerjakan sudah siap beroperasi dan meluncur ke venue pertandingan hari ini (Jumat)," ujar Direktur Operasional LIB Asep Saputra dalam rilis persnya.

Ikuti Perkembangan Euro 2024, Bojan Hodak Setia Dukung Kroasia

Terkait hal itu, dua unit VAR Mobile sudah meluncur ke dua venue pertandingan leg pertama semifinal Championship Series Liga 1. 

Satu unit VAR Mobile berangkat ke Gianya, Bali untuk laga Bali United vs Persib Bandung pada 14 Mei 2024. Sementara satu unit lainnya berangkat ke Bangkalan untuk pertandingan antara Madura United vs Borneo FC Samarinda pada 15 Mei 2024.

Liga 1 Musim Depan Pakai Format Kompetisi Penuh, Bojan Hodak Optimis Persib Bandung Juara

"LIB sendiri mempersiapkan 12 unit VAR Mobile untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim depan," demikian pernyataan dalam rilis pers tersebut.

"Untuk kelengkapan fitur ini kami tidak main-main, mengingat biaya yang dihabiskan untuk alat-alat VAR sangatlah mahal. Sebelum membuat VAR Mobile, kami telah melakukan studi banding ke negara-negara lain yang juga menggunakan VAR Mobile. Kami juga berdiskusi terlebih dahulu dengan pihak karoseri yang mempersiapkan unit-unit VAR Mobile," lanjut Asep.