Lamine Yamal Ukir 2 Rekor di Debut Piala Eropa 2024

Pemain Timnas Spanyol, Lamine Yamal
Sumber :
  • AP Photo/Ebrahim Noroozi

VIVA Jabar – Winger Barcelona, Lamine Yamal akhirnya debut di Timnas Spanyol pada laga Piala Eropa 2024. Di pertandingan pertamanya, ia langsung berhasil mengukir dua rekor fantastis.

4 Tim yang Lolos Babak 16 Besar EURO 2024

Sebagaimana diketahui, Timnas Spanyol sukses memetik kemenangan di laga pertama mereka melawan Kroasia. Berlangsung di Olympiastadion Berlin, Jerman, pada Sabtu 15 Juni 2024 malam WIB, Spanyol unggul tiga gol tanpa balas.

Yamal sendiri tercatat sebagai pemain termuda yang pernah tampil di Piala Eropa. Menurut laporan Opta Joe, Yamal tampil perdana dalam turnamen bergengsi benua biru itu di usianya yang ke-16 tahun dan 338 hari.

Chelsea Siap Tebus Mahal Bintang Timnas Spanyol Ini

Menariknya, sang pelatih, Luis de la Fuente, berani menempatkan Yamal sebagai starter. Dia bahkan hampir memainkan pemain muda satu ini dalam laga penuh di level bergengsi tersebut.

Yamal mendapat menit bermain cukup banyak di laga perdananya. Dia baru digantikan di menit ke-86 dengan Ferran Torres. Catatan pemain termuda yang dicapai Yamal menggusur rekor gelandang Timnas Polandia, Kapcer Kozlowski.

Rodri Absen Lawan Albania Gegara Peraturan Baru UEFA

Pada Piala Eropa 2020 lalu, Kozlowski tercatat sebagai pemain termuda dengan usia 17 tahun dan 246 hari. Namun kini dominasinya sebagai pemain termuda yang pernah main di Piala Eropa gugur kali ini.

Selain dinobatkan sebagai pemain termuda, Yamal juga mengukir satu rekor lainnya. Dia menjadi pemain termuda yang berhasil menyumbang assist di sepanjang sejarah Piala Eropa menurut laporan Mundo Deportivo.

Halaman Selanjutnya
img_title