Tegas! FIFA Tolak Naturalisasi Mats Diejl oleh Timnas Malaysia

Logo di kantor FIFA
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

Jabar, VIVA Federasi Sepakbola Dunia, FIFA dengan tegas menolak permohonan Timnas Malaysia untuk menaturalisasi pemain keturunan, Mats Diejl. Bek Go Ahead Eagle asal Belanda itu pun dipastikan gagal merumput bersama Harimau Malaya.

Suporter Malaysia Jadi Sasaran Sindiran Netizen Usai Indonesia Lolos ke Piala Asia U-20 2025

Keputusan penolakan FIFA tersebut tertuang di dalam surat resminya yang terbit pada Rabu, 25 September 2024. Terbitnya surat tersebut menyusul Federasi Sepakbola Malaysia (FAM) meminta pandangan FIFA soal naturalisasi Mats Diejl.

Malaysia Gagal Naturalisasi Mats Diejl

Photo :
  • -
Timnas Indonesia U-20 Lolos ke Piala Asia U-20 2025, Fans Malaysia Dirujak Netizen

Sebelumnya, Mats Diejl sudah menunjukkan minatnya untuk bergabung dengan Timnas Malaysia. Akan tetapi FIFA memandang pesepakbola tersebut dianggap belum layak dinaturalisasi Timnas Malaysia.

Dalam satu keterangan, FAM mengungkapkan alasan FIFA menolak naturalisasi tersebut. Disebutkan bahwa Mats Diejl memiliki darah Malaysia tapi terlalu jauh. Mats Diejl berdarah Malaysia dari buyutnya, bukan dari kakek-neneknya.

Indonesia Lolos Kualifikasi Piala Dunia 2026 Usai Bahrain Kena Sanksi FIFA, Cek Faktanya!

"Berdasarkan jawaban FIFA, FAM mengonfirmasi bahwa pemain ini tidak dapat mewakili Malaysia karena leluhurnya di Malaysia berasal dari nenek buyutnya, bukan kakek-neneknya," tulis FAM dikutip pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Menindaklanjuti surat keputusan FIFA, Malaysia pun segera menghubungi Mats Diejl dan menyampaikan terimakasih atas tekad Mats Diejl untuk bergabung dengan Skuad Harimau Malaya, hanya saja hal tersebut tidak bisa terwujud.

Halaman Selanjutnya
img_title