VAR Mulai Diberlakukan, PT LIB Kantongi 18 Wasit yang Dianggap Lolos Pimpin Liga 1 2023/2024

Ilustrasi Teknologi Video Assistant Referee (VAR) di Piala Dunia 2018
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Operator kompetisi BRI Liga 1 2023/2024 yaitu PT Liga Indoenesia Baru (LIB) telah menerapkan penggunaan Video Assistant Referee (VAR). Pelaksanaan VAR di musim 2023/2024 semakin mendekati kenyataan.

Presiden FIFA Minta Masyarakat Tanah Air Bangga dan Terus Dukung Timnas Indonesia

Direktur Operasional PT LIB, Asep Saputra menuturkan, sesi pelatihan (edukasi) VAR di liga 1 akan dilakukan sejak 4 Juli 2023, besok. Sebab, kata Dia, sesi awal implementasi VAR telah rampung diimplementasikan oleh FIFA

Dalam sesi implementasi, jelas Asep, FIFA membahas persiapan penggunaan VAR sejak akhir Juni lalu. Pembahasan mengenai sesi implementasi ini diikuti oleh negara-negara peserta, baik luring maupun daring.

Presiden FIFA Ucapkan Terimakasih pada PSSI Meski Indonesia Gagal ke Olimpiade 2024

"Bahwa untuk VAR kita sudah menyelesaikan konferensi dengan FIFA. Minggu lalu bertepatan dengan kita menggelar RUPS saat itu perwakilan FIFA," kata Asep di Bali pada Sabtu (1/7/2023) kemarin. 

"Dari situ kita sudah masuk ke fase kedua, yaitu fase edukasi. Per tanggal 4 Juli ini kita sudah akan mulai sesi edukasi ini," sambungnya.

Indonesia Gagal ke Olimpiade, Presiden FIFA Kirim Pesan untuk Masyarakat Tanah Air

Direktur Operaional PT LIB, Asep Saputra

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

Asep menyebutkan, dalam penerapan VAR, ada lima tahapan yang harus dilalui. Tahapan tersebut terdiri dari sesi pelatihan paling krusial dan berdurasi panjang karena menyangkut sumber daya manusia. 

Halaman Selanjutnya
img_title