Festival Budaya Tlilir Digelar di Kampung Tembakau, Unik dan Menarik

Destinasi Budaya, Festival Budaya Tlilir (Temanggung)
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Ajang festival budaya Tlilir Art and Culture Festival bertajuk 'From Village to The World' diharapkan menjadi daya tarik pariwisata baru bagi kabupaten Temanggung sekaligus mendukung upaya pemerintah pusat dalam mencapai target 1,2-1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) pada tahun ini. 

Bikin Wisatawan Nyaman, Pemkab Purwakarta Imbau Pengelola Berikan Pelayanan Terbaik

Ini merupakan festival perdana yang berlangsung selama tiga hari, yakni pada 1-3 September 2023 di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah

Festival yang digelar di kampung Tembakau ini terbilang sangat unik karena lokasinya yang berlatar belakang view puncak gunung Sumbing. 

Pemkab Purwakarta Siapkan Puluhan Destinasi, Targetkan Kunjungan 150 Ribu Wisatawan

Selain itu, venue untuk panggung maupun penonton berada di atas atap rumah-rumah warga yang sehari-harinya biasa digunakan untuk menjemur tembakau. 

Asal Usul Tahun Baru Imlek: Makna di Balik Tahun Naga Kayu

Diketahui bahwa Temanggung merupakan daerah penghasil tembakau dan Tlilir juga dikenal sebagai desa penghasil tembakau terbaik dengan produk unggulan tembakau Srintil.  

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, selaras dengan berkembangnya seni dan budaya, Tlilir terus memproklamirkan diri sebagai desa wisata kampung tembakau.

Halaman Selanjutnya
img_title