Pj. Gubernur Jabar Dorong Pemda se-Bandung Raya Perkuat Tata Kelola Sampah

Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin Monitoring TPST 3R Cibeber (Cimahi)
Sumber :
  • Humas / DKIS Prov Jabar

VIVA Jabar - Pemerintah Daerah Provinsi (Pemdaprov) Jawa Barat (Jabar) tengah serius mengatasi persoalan sampah, khususnya yang berada di pemerintah daerah (Pemda) se Bandung Raya.

Disebut Tak Netral dalam Film Dirty Vote, Pj Gubernur Jabar Tantang Feri Amsari Tunjukan Bukti

Dalam hal penanganan sampah tersebut, Pemdaprov Jabar mendorong Pemda Kabupaten dan Kota se wilayah Bandung Raya untuk memperkuat tata kelola sampah. 

"Kondisi Sarimukti, api tinggal 20 persen lagi. Tapi meski api sudah ditangani, TPA Sarimukti tidak bisa digunakan full seperti biasa. Bandung Raya hanya bisa membuang ke sana 50 persen dari total produksi sampah yang ada. Yang 50 persen ini harus dicari solusinya. Jangan sampai hanya memindahkan masalah," ucap Pj Gubernur Jabar, Bey Machmudin saat monitoring ke sejumlah TPS di Kota Cimahi, seperti TPS Pasar Citeureup dan TPST 3R Cibeber, Selasa (19/9/2023). 

Pengangkut Sampah di Purwakarta hanya Bisa Pasrah, 6 Tahun Gaji Tak Naik

Menurut Bey, salah satu upaya yang bisa ditempuh dalam memperkuat tata kelola sampah, dapat dilakukan pada tingkat rumah tangga melalui pemilahan sampah. 

Bey Machmudin Beri Penghargaan Masjid, Pesantren dan Ulama Juara

Dikatakan Bey, apabila proses pemilihan sampah dilakukan sejak dini oleh setiap rumah tangga, maka sampah yang terpilah itu menjadi lebih mudah untuk dikelola.

Tak hanya itu, imbuh Bey, sampah yang sudah terpilah juga dapat dimanfaatkan sehingga bernilai ekonomis, seperti yang dilakukan di TPST 3R Cibeber. 

Halaman Selanjutnya
img_title