Setengah Juta Lebih Wisatawan Serbu Jawa Barat di Libur Lebaran 2023

Desa Wisata Cibeusi
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarJawa Barat masih menjadi tujuan favorit wisatawan pada masa libur Idul Fitri. Hal tersebut dibuktikan dari tingginya tingkat kunjungan ke sejumlah destinasi.

Stok CBP Aman, Bulog Optimis Tekan Inflasi di Subang

Menurut data yang dihimpun Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat, sekitar 600.000 pengunjung menghabiskan waktu liburannya di beberapa wilayah seperti Pangandaran, Bogor Raya, serta Bandung Raya. Dari banyak tempat, Pantai Pangandaran dan Kebun Raya Bogor menjadi destinasi yang paling banyak menampung kunjungan wisatawan.

"Kalau berdasarkan data yang ada, total lebih dari 600 ribuan yang melakukan kunjungan wisata di Jabar. Lalu dari sisi kapasitas, 70 persen dari setiap destinasi wisata dan ada yang melonjak," kata Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Disparbud Jabar Ani Widiani saat menghadiri Talkshow Jabar Punya Informasi (JAPRI) di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa 2 Mei 2023.

Jelang Lebaran 2024, Perlintasan Jalur Mudik di Purwakarta Dipastikan 'Caang'

"Wilayah Bogor masih menjadi nomor dua, kalah dari Pangandaran. Paling banyak dikunjungi adalah Pantai Pangandaran. Berdasarkan data yang masuk, Pantai Pangandaran dikunjungi sebanyak 118.670 orang," tuturnya.

Lebih lanjut Ani menjelaskan, wilayah Bandung Raya juga menjadi primadona di masa libur lebaran 2023. Ada sekitar 15 ribu sampai 16 ribu wisatawan yang berlibur ke Kota Kembang.

Edarkan Surat Pemberitahuan, Disnakertrans Subang Akan Sangsi Perusahaan yang Tak Beri THR

"Floating Market di Lembang dikunjungi sekitar 16.000 orang. Hasil pemantauan kami di wilayah Lembang ini ada 15.000 orang. Jadi lumayan banyak yang melakukan aktivitas wisata di masa libur Lebaran," ujarnya.

Mayoritas wisatawan berasal dari daerah lain seperti DKI Jakarta dan Jawa Tengah. Meski demikian, menurut Ani juga banyak warga lokal yang menghabiskan waktu liburannya di Jawa Barat.