Kadisparbud Jabar Dorong Cirebon Raya Menjadi Destinasi Wisata Favorit Di Jawa Barat

Kadisparbud Jabar, Benny Bachtiar
Kadisparbud Jabar, Benny Bachtiar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus berupaya mengembangkan potensi pariwisata di berbagai daerah termasuk Cirebon Raya. Dengan sejumlah keunggulan yang dimilikinya, Cirebon Raya diyakini bisa menjadi salah satu destinasi favorit seperti Bandung Raya, Bogor Raya, serta Pangandaran.

Hal itu sudah terbukti pada libur Idul Fitri 2023 lalu. Jumlah wisatawan di Cirebon Raya meningkat sekitar 50% sampai 110%. Kondisi tersebut tentunya harus dibarengi dengan kesiapan pemerintah setempat dalam penerapan 5A (Aksesibilitas, Akomodasi, Atraksi, Aktivitas, dan Amenitas).

Untuk memastikan, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar melakukan kunjungan kerja ke Cirebon, Rabu 3 Mei 2023. Selain berkoordinasi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cirebon, Kadisparbud Jabar juga melakukan monitoring ke sejumlah destinasi yaitu Gedung Creative Center, Kampung Arab, Keraton Kacirebonan, serta Gua Sunyaragi.

“Cirebon ini ada tiga poin yang bisa saya nilai. Yang pertama adalah wisata kulinernya, wisata religinya, dan wisata budayanya. Ketiga potensi ini mudah-mudahan bisa ditangkap sebagai peluang untuk menunjukkan keunggulannya,” kata Kadisparbud Jabar.

Ke depannya, Kadisparbud mengajak pemerintah kabupaten/kota untuk meningkatkan kolaborasi demi terwujudnya pariwisata juara sehingga memberikan manfaat positif kepada masyarakat sekitar destinasi.

“Pak Gubernur Ridwan Kamil menginstruksikan kepada kami agar dalam pengembangan destinasi wisata untuk melibatkan masyarakat yang ada di sekitar sehingga mereka menjadi pelaku usaha pariwisata, bukan sekadar penontonnya. Karena jangkauan kami terbatas, maka dari itu harus ada kolaborasi dengan dinas pariwisata dari setiap kabupaten/kota,” ucap Kadisparbud.

“Kami meminta kepada kabupaten/kota untuk mampu memberikan edukasi kepada masyarakat di sekitar destinasi wisata. Poinnya kami siap berkolaborasi. Apabila ada manfaatnya untuk masyarakat dan juga bagi pemerintah daerah itu sendiri, pasti akan dibantu,” tambahnya.