Jelajahi Desa Wisata Cibuntu, Destinasi Unggulan di Kabupaten Kuningan

Kadisparbud Jabar, Benny Bachtiar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA JabarDesa Wisata Cibuntu menjadi salah satu destinasi unggulan di Kabupaten Kuningan. Desa yang terletak di kaki Gunung Ciremai tersebut bahkan sudah dilirik masyarakat luar negeri dan hal itu dibuktikan dengan pencapaian peringkat 5 besar homestay terbaik tingkat ASEAN (2016), serta peringkat 2 desa wisata terbaik di ajang Community Based Tourism (2017).

Bikin Wisatawan Nyaman, Pemkab Purwakarta Imbau Pengelola Berikan Pelayanan Terbaik

Prestasi membanggakan diraih berkat kerja keras warga dan pemerintah daerah yang memegang teguh komitmen Sapta Pesona. Sapta Pesona adalah sebuah konsep untuk memberikan rasa nyaman kepada pengunjung, melalui 7 unsur yakni aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah, dan kenangan.

Hal itu dibuktikan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar saat melakukan monitoring ke Desa Wisata Cibuntu, Kamis 4 Mei 2023. Menurutnya Desa Wisata Cibuntu memiliki potensi besar baik dalam sektor pariwisata, budaya, maupun ekonomi kreatif.

Tembus di Angka 40 Ribu Pengunjung, Sariater Masih Jadi Primadona Wisata di Subang

“Desa Wisata Cibuntu sangat luar biasa. Tadinya ini merupakan tempat galian batu atau pasir yang akhirnya direklamasi menjadi sesuatu yang menarik. Ini tidak lepas dari ide kreatif masyarakat yang dibantu teman-teman dinas di Kabupaten Kuningan,” kata Kadisparbud Jabar.

Pengembangan potensi di Desa Wisata Cibuntu sudah dilakukan sejak 2012 lalu. Masyarakat pun turut aktif mengikuti pembinaan, pendampingan, serta pelatihan-pelatihan sebagai bekal mengelola desa wisata.

Modus Sewa Tikar Rp100 Ribu di Subang, Pemalak Wisatawan Minta Maaf

Hingga kini wisatawan yang berkunjung ditawarkan beragam paket wisata. Beberapa pilihan menarik di antgaranya dapat mengunjungi Air Terjun Gongseng, menelusuri situs cagar budaya Bujal Dayeuh, wisata edukasi di Kampung Domba, memacu adrenaline di Wisata Offroad Cibuntu, bermalam di Pagergunung Campsite, serta belanja produk UMKM di Pusat Ekraf Cibuntu.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa mengeksplorasi destinasi wisata yang ada di sekitar Desa Cibuntu. Beberapa pilihan menarik dapat dikunjungi seperti Telaga Biru Cicerem, Waduk Darma, serta Kebun Raya Kuningan.

Halaman Selanjutnya
img_title