Keangkeran Goa Jepang dan Belanda

Patung Ir Juanda
Sumber :
  • Viva news

Viva Jabar –Berlibur dengan keluarga tentu butuh wisata edukasi dan menyenangkan. Agar liburan tidak sekadar liburan meskipun ujung-ujungnya melepaskan penat. Ada tempat wisata yang memantik keingintahuan sejarah anda. Apa lagi kalau bukan Goa Jepang dan Belanda. 

Peluang Besar Lolos Piala Asia, Ini 5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Bantai Vietnam

Goa Jepang dan Belanda termasuk dari bagian Taman Hutan Raya Ir. H Djuanda yang terletak di Kompleks Tahura Ir.H Djuanda No 99, Dago Pakar, Desa Ciburial, Kecamatan Cimenyan, Kota Bandung. 

Tahura Juanda sendiri merupakan kawasan konservasi yang ada di Bandung. Konsepnya adalah memadukan antara wisata dengan hutan tanaman. Dengan luas mencapai 590 hektar membuat Taman Hutan Ir. H Djuanda dan berada di ketinggian 770 meter sampai 1.330 meter di atas permukaan laut membuat udara kawasan ini cukup sejuk dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

Tingkat Korupsi Cukup Tinggi, Dua Mantan Kepala Desa Subang Berlebaran di Jeruji Besi

Goa belanda

Photo :
  • Viva news

Seperti yang disebutkan di atas, Goa Belanda didirikan pada tahun 1912 oleh kolonial Belanda. Awal mulanya gua ini merupakan sebuah terowongan yang digunakan untuk menyadap aliran air Sungai Cikapundung yang digunakan oleh PLTA Bengkok. Terowongan yang kini disebut goa Belanda ini sendiri berdiri sepanjang 144 meter dengan lebar 1,8 meter.

Pep Guardiola Bertekad Pecahkan Rekor, Man City Siap Libas Liverpool

Karena demi memperkuat militer belanda maka dibangunlah jaringan goa sebanyak 15 lorong dan dipintu masuk setinggi 3, 2 meter. Luas pelataran yang digunakan untuk membangun Gua Belanda ini seluas 0,6 Ha dan luas seluruh gua beserta lorongnya sekitar 548 meter.

Goa jepang

Photo :
  • Viva news
Halaman Selanjutnya
img_title