Wisata di Tempat Ini Seolah Hidup di Zaman Megalitikum

Situs gunung padang
Sumber :
  • Pinterest

Viva Jabar

7 Destinasi Wisata Paling Hits di Jawa Barat untuk Libur Lebaran

Penuh dengan bebatuan, peninggalan sejarah. Batu-batu tersebut ada yang berjejer rapi jika dilihat dari kejauhan. Silang sengkarut dilihat dari dekat. Berundak atau berpunden. Apalagi kalau bukan situs gunung padang di Jawa barat

Melansir dari beberapa sumber, Situs Gunung Padang merupakan situs prasejarah peninggalan kebudayaan Megalitikum di Jawa Barat. Tepatnya berada di perbatasan Dusun Gunungpadang dan Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Lokasi dapat dicapai 20 kilometer dari persimpangan kota kecamatan Warungkondang, di jalan antara Kota Kabupaten Cianjur dan Sukabumi. Luas kompleks utamanya kurang lebih 900 m², terletak pada ketinggian 885 m dpl, dan areal situs ini sekitar 3 ha, menjadikannya sebagai kompleks punden berundak terbesar di Asia Tenggara.

Lebaran di Jeruji Besi, Pembesuk Yosep Wajib Minta Izin Pengadilan Negeri Subang

Sebagai informasi tambahan, Punden berundak atau teras berundak adalah struktur tata ruang bangunan yang berupa teras atau trap berganda yang mengarah pada satu titik dengan tiap teras semakin tinggi posisinya. 

Kata "pundèn" (atau pundian) berasal dari bahasa Jawa. Kata pepundèn yang berarti "objek-objek pemujaan" mirip pengertiannya dengan konsep kabuyutan pada masyarakat Sunda

Sajian Lezat Lebaran, 7 Makanan Khas Jawa Barat yang Wajib Dicoba

Situs gunung padang termasuk tempat yang memiliki punden atau undak. Tersusun agak rapi dan estetis. Situs gunung padang merupakan peninggalan nenek moyang pada zaman megalitikum atau pra hindu-budha. 

Mitosnya, Tempat ini sebelumnya memang telah dikeramatkan oleh warga setempat. Penduduk menganggapnya sebagai tempat Prabu Siliwangi, raja Sunda, berusaha membangun istana dalam semalam. 

Halaman Selanjutnya
img_title