Situ Sipatahunan Danau Buatan Bersejarah

Gerbang
Sumber :
  • Pinterest

Viva Jabar –Keindahan alam Indonesia tidak bisa dipungkiri jadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain keunikan flora dan Faunanya, tempat wisata eksotis di Indonesia juga tidak kalah menarik. Alami atau buatan. 

14 Kasus Pencabulan, Aktivis Sebut Disdik Subang Tidak Bekerja

Melansir dari Tvonenews, ada danau buatan di Indonesia yang bernilai sejarah. Pasalnya, Danau buatan ini sudah dibentuk sejak sebelum Indonesia merdeka. Awalnya, danau ini digunakan untuk menampung air yang digunakan untuk kebutuhan masyarakat setempat, baik untuk pertanian atau untuk rumah tangga.

Situ sipatahunan

Photo :
  • Pinterest
Kuliner Terlupakan: 7 Makanan Khas Jawa Barat yang Hampir Punah

Adapun airnya berasal dari bukit sebelah selatan danau tersebut. Luas danaunya sekitar 2 hektare. 

Situ Sipatahunan tepatnya berada di RW 5 Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah atau berjarak 13 kilometer dari pusat Kota Bandung. Maka danau buatan itu menjadi lokasi wisata alam yang jaraknya cukup dekat dibandingkan wisata danau lainnya di Ciwidey atau Pangalengan, yang berjarak sekitar 50 kilometer dari Kota Bandung.

Agenda Pembacaan Eksepsi, JPU Sebut Kuasa Hukum Yosep Kurang Cermat

Meskipun danau itu bernilai sejarah. Tapi, dibiarkan terbengkalai. Terlihat dengan adanya sampah berserakan, fasilitas tak layak digunakan. 

Bupati Bandung Dadang Supriatna mengatakan bahwa lahan di Situ Sipatahunan adalah milik Pemerintah Kabupaten Bandung. Sehingga, ia memastikan penataan akan berjalan lebih mudah.

Halaman Selanjutnya
img_title