Pantai Parangkusumo, Tempat Bertemu Senopati dengan Ratu Kidul

Pantai parangkusumo
Sumber :
  • Screenshot

Viva Jabar –Tempat ini merupakan tempat Kisah berawal dari pertapaan Senopati. Ia kemudian bertemu dengan Ratu kidul. Hingga akhirnya, ada perjanjian pernikahan antara senopati dengan Ratu kidul. Apalagi kalau bukan Pantai Parangkusumo

Steakhouse Salt & Sizzle Resmi Dibuka di Kawasan Senopati Jaksel, Ini Daftar Menunya

Pantai Parangkusumo merupakan tempat wisata yang terletak di Kapanéwon Kretek, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Jaraknya kurang lebih 30 km di sebelah selatan Kota Yogyakarta. Pantai ini adalah salah satu destinasi wisata terkenal di Yogyakarta bersama dengan Pantai Parangtritis. Pantai ini terletak di antara Pantai Parangtritis dan Pantai Depok.

Pantai Parangkusumo memiliki pasir berwarna hitam dengan garis pantai yang luas, tak jauh dari pantai terdapat objek wisata Gumuk Pasir Parangkusumo, Gumuk Pasir adalah sebuah pasir yang terbang terbawa angin dan jatuh menjadi sebuah gundukan-gundukan pasir yang mirip sebuah gurun pasir, hal ini yang membuat Kabupaten Bantul dijuluki Sahara van Java. 

Cara Pakai Dua Akun Whatsapp dengan Satu Nomor HP, Cukup Lakukan Ini!

Melansir dari beberapa sumber, ada mitos tentang Pertemuan Panembahan Senopati dan Kanjeng Ratu Kidul bukan tanpa alasan. Semula Panembahan Senopati melakukan tapa ngeli untuk menyempurnakan kesaktiannya. Sampai disaat tertentu pertapaan, tiba-tiba pantai mengalami badai, pohon-pohon tercabut dari akarnya, air laut mendidih, dan ikan-ikan terlempar ke daratan.

Kejadian itu membuat Ratu Kidul menampakkan diri ke daratan, beliau menemui Senopati. Senopati mengungkapkan keinginannya untuk memerintah mataram kala itu, dan memohon pertolongan kepada Ratu Kidul. Karena sejak awal pertemuan, Ratu Kidul sudah jatuh cinta dengan Senopati. Akhirnya permintaan tersebut dipenuhi, dengan syarat Senopati beserta seluruh keturunannya harus menjadi suami dari Ratu Kidul. Senopati pun menyetujui, dengan syarat perkawinan itu, tetapi tidak menghasilkan anak.

Pemain Korsel Kantongi Gaya Bermain Timnas Indonesia U-23

Kabarnya, ketika seseorang ingin semua hajatnya terkabulkan. Ia harus bertapa di pantai ini. Ketika melakukan ritual di tempat ini, masyarakat setempat mempercayai bahwa hajat terkabulkan. 

Aura mistis akan terasa ketika anda melihat taburan kembang setaman dan serangkaian sesajen di Batu Cinta yang terletak di dalam Puri Cepuri. 

Halaman Selanjutnya
img_title