Merinding, Ini Sejarah dan Fakta Menarik Kebun Raya Bogor

Kebun Raya Bogor
Sumber :
  • VIVA

VIVA Jabar – Sudah Pernah ke Kebun Raya Bogor? Tempat kebanggaan Kota Bogor ini ternyata memiliki sejarah yang sangat panjang dari awal terbentuknya.

Peluang Besar Lolos Piala Asia, Ini 5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Bantai Vietnam

Kebun yang luasnya 87 hektar ini ternyata telah kokoh berdiri sejak sebelum Indonesia merdeka. Karenanya, Kebun Raya Bogor menjadi saksi bisu saat pejuang Bangsa kita merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Dilansir dari website Jabar Prov, Kebun Raya Bogor didirikan 18 Mei 1817 atas prakarsa Prof. Dr. Reinwadt, seorang ahli botani dari Jerman. Koleksi di Kebun Raya Bogor terdiri dari tanaman tropis dengan jenis tanaman lebih dari 20.000 tanaman yang tergolong dalam 6.000 spesies.

5 Fakta Menarik Kemenangan Dramatis Manchester United dari Liverpool di Piala FA

Tempat ini kini menjadi tempat wisata bukan hanya oleh warga Bogor, melainkan dari berbagai Kota di Indonesia. Tanpa berlama-lama lagi simak sejarah dan fakta unik Kebun Raya Bogor.

Sejarah Kebun Raya Bogor

5 Fakta Menarik Persikabo 1973 vs Persib, David Da Silva Terbaik

Pada mulanya kebun ini hanya akan digunakan sebagai kebun percobaan bagi tanaman perkebunan yang akan diperkenalkan di Hindia Belanda. Namun pada perkembangannya pendirian Kebun Raya Bogor bisa dikatakan mengawali perkembangan ilmu pengetahuan di Indonesia dan sebagai wadah bagi ilmuwan terutama bidang botani di Indonesia secara terorganisasi pada zaman itu (1880 - 1905).

Dari sini lahir beberapa institusi ilmu pengetahuan lain. Institusi tersebut seperti Bibliotheca Bogoriensis (1842), Herbarium Bogoriense (1844), Kebun Raya Cibodas (1860), Laboratorium Treub (1884), dan Museum dan Laboratorium Zoologi (1894).

Halaman Selanjutnya
img_title