Ragab FKD-MPU: Kuatkan Kolaborasi Di Bidang Pariwisata, Perdagangan, Dan Investasi

Ragab FKD-MPU
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Benny Bachtiar menghadiri Rapat Gabungan Forum Komunikasi Daerah Mitra Praja Utama (Ragab FKD-MPU) di Swiss-Belhotel Kota Bandar Lampung, Selasa 4 Juli 2023. Kegiatan ini ditujukan untuk menindaklanjuti hasil rapat kerja Gubernur FKD-MPU XXIII di Surabaya 15-17 Maret 2023 lalu.

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Liburan ke Spanyol, Apa Kabar Anak-Anak?

Pada kesempatan ini, Kadisparbud turut menandatangani kesepakatan kerja sama di bidang pariwisata. Kesepakatan tersebut juga melibatkan dinas yang membidangi pariwisata dan ekonomi kreatif dari sembilan provinsi lainnya yaitu Lampung, DKI Jakarta, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, serta Nusa Tenggara Timur.

Kegiatan dibuka oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Qudrotul Ikhwan. Dengan adanya Ragab FKD-MPU ini diharapkan terjalin kolaborasi yang kuat antar provinsi, baik dalam bidang pariwisata, perdagangan, maupun investasi.

Penerbangan Perdana Rute Kertajati-Denpasar Tandai Operasional Penuh Bandara Kertajati

“Semoga dengan kegiatan ini dapat memberikan pemahaman-pemahaman kepada seluruh peserta FKD-MPU mengenai konseptual dan proges rasional pada sektor pariwisata, perdagangan, dan investasi pada masa Pasca pandemi Covid-19,” ucap Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Provinsi Lampung.

“Tantangan yang perlu disikapi bersama adalah bagaimana forum ini bisa memberikan dampak positif bagi perkembangan kemajuan setiap daerah serta memajukan cita-cita nasional. Semoga melalui kegiatan ini dapat tercipta gagasan-gagasan baru yang manfaatnya tidak hanya dirasakan oleh satu atau dua daerah saja, tapi oleh seluruh anggota,” tambahnya.

Apresiasi Pangandaran Air Show 2023, Bey Machmudin: Memasyarakatkan Dunia Dirgantara

Khusus sektor pariwisata, permasalahan yang dibahas adalah perbedaan pengaruh pertumbuhan di masing-masing daerah. Hal tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal seperti kuantitas kunjungan wisatawan, pemanfaatan potensi, serta pengelolaan fasilitas umum yang belum optimal.

Oleh sebab itu dibahas beberapa poin kerja sama yang salah satunya strategi promosi dan pemasaran. Ke depannya diharapkan pendapatan tiap anggota FKD-MPU dari sektor pariwisata dapat meningkat seiring bertambahnya jumlah kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.