Gempa Bumi Kabupaten Bandung Rusak 491 Rumah dan Puluhan Tempat Ibadah

Ilustrasi Gempa
Sumber :
  • Pinterest

Jabar, VIVA - Gempa bumi 5 magnitudo mengguncang beberapa desa di Kabupaten Bandung pada Rabu 18 September 2024. Gempa bumi Kabupaten Bandung itu, mengguncang beberapa wilayah yang di antaranya Desa Tarumajaya, Desa Cihawuk, Desa Cibeureum, Desa Sukapura, Desa Cikembang, Desa Resmi Tingal Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

Gempa Kabupaten Bandung itu juga menyasar Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan, Desa Cikawao Kecamatan Pacet, Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari dan Desa Bojongmanggu Kecamatan Pameungpeuk.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Provinsi Jawa Barat mencatat ada bangunan yang rusak akibat gempa tersebut, terdiri dari 491 unit rumah, lima unit fasilitas kesehatan , dua unit bangunan, sembilan unit sarana pendidikan,27 tempat ibadah dan 18 fasilitas umum.

“Dampak Gempa Bumi masih dalam pemantauan dan kerusakan dan korban masih dalam pendataan,” ujar Pranata Humas Ahli BPBD Jawa Barat,Hadi Rahmat, Rabu 18 September 2024.

Akibat reruntuhan tersebut, ratusan jiwa mencapai 450 orang terpaksa harus diungsikan untuk mengjindari potensi gempa susulan.