Banyak Orang Tertimpa Reruntuhan Akibat Gempa Bumi Kabupaten Bandung

Gempa Bumi Kabupaten Bandung
Sumber :
  • Istimewa

Jabar, VIVA - Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Provinsi Jawa Barat memastikan penanganan terhadap dampak gempa bumi Kabupaten Bandung pagi tadi masih berlangsung. Akibat gempa bumi 5 magnitudo itu, ratusan rumah hingga puluhan fasilitas umum hingga kesehatan dan pendidikan rusak.

Bahkan, 450 jiwa harus diungsikan menghindari potensi gempa susulan. Akibat gempa Kabupaten Bandung ini, korban jiwa juga terjadi yaitu 58 orang luka ringan dan 23 orang luka berat akibat reruntuhan.

“⁠Korban yang tertimpa reruntuhan sudah dilarikan ke RS Bedas Kertasari dan ke Puskesmas Kertasari,” ujar Pranata Humas Ahli BPBD Jawa Barat, Hadi Rahmat, Rabu 18 September 2024.

Untuk diketahui, gempa bumi tersebut mengguncang beberapa wilayah yang di antaranya Desa Tarumajaya, Desa Cihawuk, Desa Cibeureum, Desa Sukapura, Desa Cikembang, Desa Resmi Tingal Kecamatan Kertasari Kabupaten Bandung.

Gempa Kabupaten Bandung itu juga menyasar Desa Margamukti Kecamatan Pangalengan, Desa Cikawao Kecamatan Pacet, Desa Pinggirsari Kecamatan Arjasari dan Desa Bojongmanggu Kecamatan Pameungpeuk.

“Dampak Gempa Bumi masih dalam pemantauan, kerusakan dan korban masih dalam pendataan, laporan sementara masih bersifat dinamis,” katanya.