Histori Pos Indonesia Keluar dari Zona Nyaman Digitalisasi Saat Covid-19

Pos Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

 

VIVAJabar - Pos Indonesia menuturkan perjalanan transformasi digitalisasi dengan inovasi costumer centric. Bahkan, dengan situasi pandemi Covid19, jadi pemicu perubahan pola kinerja.

Direktur Operasi dan Digital Services Pos Indonesia, Hariadi menjelaskan, pandemi memberikan tantangan bagi PosIND dari sektor keuangan, operasional hingga market share.

“Sejak dulu sudah tidak ada monopoli sama sekali sejak liberalisasi Pos. Bisnis dan industri juga mengalami penurunan,” ujar Hariadi disela acara Book Talk Roadshow Buku  Elephant Learns Flamenco: BUMN Lincah Menari, Menuju Indonesia Emas 2045, dengan topik Digitalization & Orchestration di Auditorium Damar, Telkom University Bandung, Jumat 11 Oktober 2024.

Menurutnya, kondisi itu mengharuskan perusahaan mengambil langkah berani untuk keluar dari zona nyaman dengan bertransformasi. “Transformasi ini tidak hanya di sisi fronting, tapi juga di internal yakni untuk menciptakan transparansi dan efisiensi,” katanya.

Kemudian, digitalisasi core sistem perlahan dilakukan dengan tetap mengedepankan kebutuhan layanan pelanggan. Bahkan, perubahan itu sekaligus memperkuat ekspansi bisnis ekosistem layanan Pos.