5 Fakta Dandhy Laksono, Dalang di Balik Film Dirty Vote dan Sexy Killers

Dandhy Laksono bersama Ibunya.
Sumber :
  • Instagram @dandhy_laksono

JabarDandhy Laksono adalah seorang jurnalis, aktivis, dan sutradara film dokumenter yang dikenal karena karyanya yang mengkritik berbagai isu sosial, politik, dan lingkungan di Indonesia.

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

Dandhy Laksono telah menyutradarai beberapa film dokumenter yang menyoroti praktik-praktik korupsi, kecurangan, dan penyalahgunaan kekuasaan oleh para elit politik dan bisnis di negeri ini.

Beberapa filmnya yang terkenal adalah Dirty Vote, Sexy Killers, Jakarta Unfair, dan Ketujuh. Berikut adalah lima fakta menarik tentang Dandhy Laksono dan karyanya yang dirangkum VIVA Jabar:

14 Kasus Pencabulan, Aktivis Sebut Disdik Subang Tidak Bekerja

Dirty Vote

Photo :
  • Istimewa

1. Dandhy Laksono adalah lulusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran. Ia pernah mengikuti program magang jurnalis di Ohio University dan British Council. Ia juga pernah bekerja sebagai jurnalis di berbagai media cetak, radio, online, dan televisi.

PDIP Kabupaten Bandung Raih Penghargaan Pelaksana Demokrasi Terbaik se-Jabar

2. Dandhy Laksono mendirikan WatchDoc, sebuah rumah produksi audio visual yang berfokus pada film dokumenter, bersama Andhy Panca Kurniawan pada tahun 2011.

WatchDoc telah memproduksi lebih dari 100 episode dokumenter dan 500 feature televisi yang memenangkan berbagai penghargaan. WatchDoc juga menjadi penerima Ramon Magsaysay Award 2021 untuk kategori Emergent Leadership in Organisation.

Halaman Selanjutnya
img_title