Jangan Anggap Remeh, Ini Tanda-tanda dan Tindakan Sementara Atasi Gejala Batu Ginjal

Ilustrasi Sakit Perut atau Gagal Ginjal
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Batu ginjal, juga dikenal sebagai nefrolitiasis atau kalkulus renal, adalah formasi padat yang terbentuk di dalam ginjal atau saluran kemih.

Sering Minum Air Dingin? Ini Efek Negatifnya Bagi Tubuh Menurut Zaidul Akbar

Batu ginjal terdiri dari mineral dan senyawa organik yang biasanya ada dalam urine, seperti kalsium, oksalat, asam urat, sistin, dan fosfat.

Ukuran dan bentuk batu ginjal dapat bervariasi, dari seukuran pasir hingga ukuran yang lebih besar. Batu ginjal terbentuk ketika konsentrasi zat-zat ini dalam urine menjadi terlalu tinggi, sehingga mereka mengkristal dan bergabung untuk membentuk batu.

Kenali dan Segera Tangani Paparan Racun 'Sianida', Ini Gejalanya

Faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal meliputi kurangnya asupan cairan, diet yang kaya oksalat atau garam kalsium, riwayat keluarga, riwayat medis tertentu (seperti hiperparatiroidisme), dan kondisi kesehatan tertentu yang mempengaruhi penyerapan zat-zat dalam saluran pencernaan atau urine.

Ilustrasi Sakit Perut atau Gagal Ginjal

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews
Berikut 5 Alasan Setelah Makan Dilarang Langsung Berbaring atau Tidur

Batuan ginjal dapat bergerak melalui saluran kemih dari ginjal menuju kandung kemih. Jika batu cukup kecil, ia mungkin bisa keluar dari tubuh dengan sendirinya melalui urin.

Namun, jika batu ginjal cukup besar atau terjebak di dalam saluran kemih, hal ini bisa menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan seperti nyeri hebat, gangguan buang air kecil, atau bahkan infeksi saluran kemih.

Halaman Selanjutnya
img_title