Kiat Sukses Latihan Angkat Beban Tanpa Ekses

Ilustrasi Angkat Beban
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Cedara otot yang terjadi pada saat mengangkat beban, menjadi hal yang krusial. Bahkan, dalam beberapa kasus, kondisi itu bisa berujung kematian bila tidak diperhatikan dan dilakukan dengan baik dan benar.

Korea Selatan U-23 Diterpa Kabar Buruk Jelang Hadapi Timnas Indonesia U-23

Seperti satu kasus yang belakangan terjadi pada binaragawan Justyn Vicky di salah satu lokasi gym kawasan Bali. Dimana, ia dinyatakan meninggal dunia usai mengalami kecelakaan fatal saat mengangkat beban seberat 210 kilogram. 

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga, dr. Donny Kurniawan, Sp.K.O, Subsp.ALK mengatakan, dilihat dari kasus yang menimpa binaragawan itu, terlihat adanya beberapa hal yang kurang diantisipasi saat melakukan angkat beban.

Kata Zalnando Setelah Kembali Jadi Starter untuk Persib

Binaragawan Indonesia, Justyn Vicky Meninggal Dunia

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

Menurutnya, pelatih fitnes ini, yang bersangkutan tidak memperhatikan safety precaution saat melakukan angkat beban.

Bojan Hodak Tegaskan Persib Tak Akan Kendur Meski Sudah Lolos ke Championship Series

"Kalau dilihat dari kasus dan gambaran di media sosial, satu yang perlu diperhatian kurangnya safety precaution, yang mana tidak ada safety bar atau rak penyanggah. Rak ini berfungsi untuk meletakkan beban, bila si atlet atau binaragawan itu tidak kuat mengangkat beban," kata dokter Donny di Eka Gym, Tangerang.

Dokter Donny juga menuturkan, kurangnya knowledge atau pengetahuan mengenai teknik dalam angkat beban, bisa menjadi kendala dimana sangat diperlukan untuk bisa mengantisipasi cedera atau kekuatan si atlet saat mengangkat beban tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title