KOPITU Soroti Rencana Pemerintah untuk Pemutihan Kredit Macet UMKM

Ketum KOPITU, Yoyok Pitoyo saat di Korsel
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Ketua Umum (Ketum) Komite Pengusaha Kecil Menengah dan Mikro (KOPITU), Yoyok Pitoyo turut menyoroti rencana pemerintah yang akan melakukan penghapusbukuan kredit macet UMKM.

Kemenpora Instruksikan Intansi Pemerintah Gelar Nobar Timnas Indonesia U-23 vs Uzbekistan

Yoyok mengatakan, kebijakan itu bukan bentuk dukungan pemerintah terhadap UMKM. Sebaliknya, Yoyok mencurigai bahwa pemerintah hanya sedang membuat kebijakan-kebijakan populis menjelang tahun politik 2024.

"Bila benar pemerintah mau membantu membesarkan UMKM, kenapa tidak dengan tindakan-tindakan nyata seperti melibatkan UMKM dalam bagian supply chains industri manufaktur mobil dan motor listrik yang sekarang sedang digembar-gemborkan?" tanya Yoyok. 

Ade Patas, Mantan Kades yang Sukses jadi Raja UMKM Buah Nanas di Subang

"Misalnya, bikin peraturan yang bisa memastikan UMKM terlibat di dalamnya baik dari industri maupun marketing," sambungnya. 

Yoyok juga menyoroti usaha waralaba usaha es krim luar negeri yang kini menggempur sampai kota-kota kecil. Menurutnya, hal ini menyebabkan usaha-usaha lokal semakin tersudut. 

Dapatkan Saldo DANA Gratis Rp700 Ribu dari Pemerintah! Pelajari Cara dan Syaratnya Sekarang!

Ilustrasi es krim

Photo :
  • Pixabay

"Belum lagi gempuran pasar barang luar negeri yang dipasarkan melalui berbagai platform online dengan harga yang sangat murah," kata Yoyok. 

Halaman Selanjutnya
img_title