KTT ASEAN ke-43: Jokowi Tekankan ASEAN Bukan Proxy Bagi Kekuatan Manapun

KTT ASEAN ke-43, Peresmian Pembukaan oleh Presiden Jokowi
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43, di Jakarta resmi dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi). Dalam sambutannya, Presiden RI itu menyampaikan bahwa ASEAN memiliki keberagaman dengan ciri khasnya.

Pembudi Daya Ikan Air Payau di Subang Siap Terima Dana Rp245 Miliar

"Dengan mengucap Bismillah, KTT ke-43 ASEAN dan KTT lainnya dengan ini resmi saya nyatakan dibuka," ujar Jokowi, pada Selasa, 5 September 2023.

Jokowi menekankan bahwa meski ASEAN memiliki kesatuan yang kokoh, di dalam tetap terdapat perbedaan. Hal itu, tidak lantas membuat blok Asia Tenggara terpecah belah.

Ketua Umum PDIP Sudah Tahu Rencana Pembentukan Presidential Club

"Pada momentum yang baik ini, sebagai anggota keluarga dan sebagai Ketua ASEAN, saya ingin menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik," kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Dihujani Pertanyaan Seputar Pilkada, Jokowi Minta Wartawan Tanya ke Partai

"Kesatuan jangan diartikan tidak ada perbedaan pendapat. Sebagai negara yang memiliki beragam suku, budaya bahasa dan agama, bagi Indonesia kesatuan itu adalah sebuah harmoni dalam perbedaan, termasuk di dalamnya perbedaan pendapat," sambungnya.

Perbedaan pendapat, menurut Jokowi, justru menyuburkan demokrasi dan menunjukkan bahwa kita memiliki kedudukan yang setara.

Halaman Selanjutnya
img_title