Kapal ASEAN Diisukan Pecah, Ini Kata Presiden Jokowi

KTT ASEAN ke-43, Peresmian Pembukaan oleh Presiden Jokowi
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) di hadapan para pemimpin ASEAN mengaku kerap mendengar pertanyaan mengenai terpecahnya kapal ASEAN. 

Kalah dalam Pilpres 2024, PDIP Salahkan Jokowi

Hal itu diutarakan Jokowi saat membuka KTT ke-43 ASEAN di Jakarta, pada Selasa 5 September 2023, lalu yang dihadiri para kepala negara Asia Tenggara dan mitra negara di luar ASEAN.

"Memang akhir-akhir ini saya sering mendengar pertanyaan publik terkait ASEAN yaitu apakah ASEAN akan terpecah dan tidak bisa bersatu? Apakah kapal ASEAN mampu terus melaju?" kata Jokowi di Jakarta Convention Center (JCC). 

Jabatan Kepala Desa Jadi 8 Tahun dan Bisa Dipilih 2 Kali

"Yang Mulia pada momentum yang baik ini sebagai anggota keluarga dan sebagai ketua ASEAN saya ingin menegaskan bahwa kesatuan ASEAN sampai dengan saat ini masih terpelihara dengan baik," imbuhnya.

Timnas Indonesia Disebut Bakal Jadi Raja ASEAN

Menurut Jokowi, kesatuan untuk diartikan tidak ada perbedaan pendapat. Karena, kata Jokowi, sebagai negara yang memiliki beragam suku, budaya, bahasa dan agama bagi Indonesia kesatuan itu adalah sebuah harmoni dalam perbedaan.

"Termasuk di dalamnya perbedaan pendapat. Karena perbedaan pendapat justru menyuburkan demokrasi, justru menunjukkan bahwa kita sebagai keluarga memiliki kedudukan yang setara," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title