KTT ASEAN ke-43 Hasilkan Kesepakatan Kerjasama Investasi di 93 Proyek

KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi Hadiri HUT ke-56 ASEAN
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, bahwa KTT ke-43 ASEAN yang digelar di Jakarta, menghasilkan komitmen konkret diantara negara anggota dan mitra ASEAN. Jokowi menyampaikan, komitmen investasi itu meliputi 93 proyek.

Dedi Mulyadi Sebut Pola Sosial Ekonomi Muhammadiyah Sunda Pisan

"Saya mengapresiasi dukungan kontribusi negara ASEAN dan mitra ASEAN sehingga telah terkumpul 93 proyek kerja sama senilai US$ 38,2 miliar (sekitar Rp580 triliun) dan 73 proyek potensial senilai US$ 17,8 miliar," kata Presiden Jokowi ketika membuka ASEAN Indo Pacific Forum di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (5/8/2023) lalu.

Komik Dinasti Jokowi Dianggap Menistakan Momen Lebaran

Jokowi menilai, kerja sama ini mencerminkan komitmen membangun Indo Pacifik yang damai stabil dan makmur. Sehingga memberi manfaat besar bagi masyarakat di kawasan dan dunia.  

Jokowi juga menyinggung tiga agenda utama diselenggarakan KTT ini. Mengenai infrastruktur, ekonomi dan pembangunan industri. 

Puan Maharani Enggan Tanggapi Isu Pengambilalihan Kursi Ketum PDIP

KTT ASEAN ke-43, Presiden Jokowi buka Plenary Session

Photo :
  • Screenshot berita VivaNews

"ASEAN Indo Pacific Forum memiliki tiga agenda utama, yaitu infrastruktur hijau dan rantai pasok yang resilient, ekonomi ASEAN akan tumbuh kokoh dari hilirisasi industri dan pembangunan ekosistem EV (Electric Vehicle/kendaraan listrik) adalah contoh konkret membangun rantai pasok kawasan," demikian Presiden