Karo Sumut Diguncang Gempa Bumi M 3,9, BMKG Pastikan Tak Ada Getaran Susulan

Ilustrasi BMKG, Catatan Seismograf Tentang Potensi Gempa
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Kabar buruk menimpa masyarakat Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). Kabarnya, Wilayah tersebut diguncang gempa berkekuatan magnitudo 3,9. Gempa bumi terjadi sekitar pukul 21.40, Minggu (10/9/2023) malam.

Garut Diguncang Gempa M 6,5, Sebabkan Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

"Hasil analisa BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofiska), menujukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=3,9. Episenter terletak pada koordinat 2.94 LU dan 98.53 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 18 km Tenggara Kabupaten Karo Sumatera Utara pada kedalaman 10 km," ucap Kepala BMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho dalam keterangan tertulisnya. 

Hendro menjelaskan jenis dan mekanisme gempa bumi, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi disebabkan oleh aktivitas sesar lokal di Kabupaten Karo. 

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

"Dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat, berupa guncangan dirasakan di Kabanjahe atau getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu, Sidikalang getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang," jelas Hendro. 

Hindari Pinjol Ilegal! Kenali Ciri-Ciri Pinjaman Online Legal dan Ilegal

Hendro mengatakan hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa tidak ada kejadian gempa bumi susulan.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan Kebenarannya," demikian Hendro.