Gempa Bumi Guncang Sukabumi, Meski Tak Berpotensi Tsunami BPBD Jabar Intens Koordinasi

Ilustrasi BMKG, Catatan Seismograf Tentang Potensi Gempa
Sumber :
  • Screenshot berita VivaNews

VIVA Jabar - Masyarakat Sukabumi-Jawa Barat (Jabar) dilanda musibah bencana alam, gempa bumi. Getaran berkekuatan Magnitudo 5,4 mengguncang wilayah setempat, Minggu (1/10/2023)

BMKG: Gempa Magnitude 4,2 Guncang Timur Laut Kabupaten Bandung

Berdasarkan informasi PUSDALOPS Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), pusat gempa bumi berada di darat dan gempa ini tidak berpotensi tsunami.

Meski demikian, upaya preventif tetap dilakukan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Jawa Barat langsung berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Sukabumi dan Camat Cisolok Kabupaten Sukabumi.

Garut Diguncang Gempa M 6,5, Sebabkan Rumah Warga hingga Rumah Sakit Rusak

Kepala Pelaksana Harian BPBD Jabar Dani Ramdan melaporkan, berdasarkan koordinasi dan komunikasi yang sudah dilakukan, belum ada laporan kerusakan yang signifikan.

DLHK Subang Minta Masyarakat Melaporkan Aksi Buang Sampah Sembarangan

"BPBD Jabar akan terus berkoordinasi dan melakukan asesmen dengan BPBD setempat. Sejauh ini, berdasarkan hasil komunikasi, belum ada kerusakan yang signifikan," ucap Dani.

Dani mengingatkan masyarakat agar tidak panik dan terpancing oleh isu hoaks. Ia pun menyampaikan pesan yang diterima dari BMKG agar masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Halaman Selanjutnya
img_title