Hasil Studi: Cengkih Bisa Jadi Obat Pereda Sakit Gigi

Ilustrasi Cengkih
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Jabar – Sebuah penelitian terbaru telah menemukan bahwa cengkih, rempah-rempah yang sering digunakan dalam masakan, dapat memberikan bantuan signifikan dalam meredakan sakit gigi.

Nathalie Holscher Ungkap Alasan Tak Hadir di Pernikahan Rizky Febian dan Mahalini

Para peneliti menemukan bahwa kandungan eugenol dalam cengkih memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan yang sering terkait dengan masalah gigi.

Dr. Maya Wardhani, seorang ahli kedokteran gigi yang terlibat dalam penelitian ini, menjelaskan bahwa eugenol, senyawa utama dalam cengkih, telah lama dikenal karena efek analgesiknya.

Ini Penyebab Saraf Terjepit yang Sering Dialami Masyarakat

"Ketika eugenol diterapkan pada gigi yang sakit, ia dapat membantu meredakan rasa sakit dengan memblokir transmisi sinyal nyeri ke otak," kata Dr. Wardhani dikutip dari tvOnenews, Sabtu, 11 Mei 2024.

Penelitian ini melibatkan percobaan laboratorium menggunakan model tikus dengan sakit gigi, di mana ekstrak cengkih diterapkan secara topikal pada area yang terkena.

KDM Ungkap Penjual Eksimer Berkedok Jual Minuman Kekinian, Warga Geram Langsung Robohkan Kios

Hasilnya menunjukkan bahwa tikus yang menerima perlakuan cengkih mengalami penurunan signifikan dalam tingkat ketidaknyamanan dan peradangan.

Meskipun demikian, para peneliti mengingatkan bahwa cengkih sebaiknya tidak digunakan sebagai pengobatan tunggal untuk masalah gigi yang serius.

Halaman Selanjutnya
img_title