7 Aturan Screen Time pada Anak agar Tidak Kecanduan Gadget

Ilustrasi Anak Main Gadget
Sumber :
  • Freepik.com

VIVAJabar – Pada era digital seperti saat ini, pemakaian gawai memang menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari, tidak terkecuali pada anak. Sering kali kita melihat anak-anak yang tidak bisa lepas dari gadget. 

Kuasai Banyak Bahasa! Inilah 5 Rekomendasi AI untuk Belajar Berbagai Bahasa

Jika dibiarkan terus-menerus, hal ini tentu akan berdampak  buruk pada anak. Oleh karena itu, orang tua harus bijak dalam memberikan aturan pemakaian gadget. Namun, mengatur screen time yang sehat untuk anak tetap menjadi tantangan tersendiri. 

Berikut ini adalah 7 aturan yang bisa diterapkan untuk membantu mengelola screen time pada anak.

1. Tetapkan Batas Waktu

6 Tips untuk Belajar Digital Marketing di Zaman Sekarang

Anak-anak memang suka sekali main game atau menonton video di YouTube. Tapi, penting bagi kita untuk menetapkan batas waktu harian. Untuk anak usia 2-5 tahun, screen time sebaiknya tidak lebih dari satu jam per hari. Sementara untuk anak di atas 6 tahun, kita bisa memberikan fleksibilitas, tetapi tetap harus ada batasannya, misalnya dua jam sehari.

2. Pilih Konten yang Berkualitas

Bukan hanya durasi, tapi juga kualitas konten yang mereka tonton atau mainkan harus kita perhatikan. Pilihlah konten yang edukatif dan sesuai dengan usia mereka. Banyak aplikasi dan situs yang menyediakan konten belajar sambil bermain yang seru dan bermanfaat.

Halaman Selanjutnya
img_title
Goes to School, Upaya Preventif Bapas Subang Turunkan Jumlah Pelaku Pidana Anak