Bikin Heboh! Inilah 3 Kasus Serangan Hacker yang ke Indonesia

Ilustrasi Hacker
Sumber :
  • viva.co.id

VIVAJabar – Telah terjadi 3 serangan ransomware yang menimpa Indonesia. Serangan terakhir, cukup menciptakan kehebohan, yaitu ketika menyerang Pusat Data Nasional Sementara atau PDNS 2 milik Kementerian Komunikasi dan Informatika (kemenkominfo) di Surabaya, Jawa Timur.

5 Alasan Berbahayanya Ransomware

Akibat serangan itu, layanan publik di berbagai instansi pemerintahan pun mengalami down. Serangan siber kepada PDNS 2 ini memakai virus ransomware jenis baru yang disebut Brain Cipher. Serangan siber ransomware Indonesia ini rupanya tidak hanya terjadi sekali.

Berdasarkan informasi dari catatan VIVA Tekno, ransomware pertama menyerang Indonesia pada tahun 2017 lalu dengan jenis virus WannaCry. 

Alasan Indonesia Dapat Julukan Open Source Country

Virus ini memanfaatkan celah sistem pengamanan pada Sistem Operasi Windows yang sudah ditambal microsoft lewat Security Update Patch.

Korbannya adalah 2 rumah sakit di Jakarta, yaitu Dharmais dan Harapan Kita yang membuat data pasien dalam jaringan komputer rumah sakit tidak bisa diakses.

5 Tips Sederhana untuk Berlindung dari Ransomware

Kementerian Komunikasi dan Informatika pun langsung menyiapkan tim khusus untuk mengusut kasus ini. Meliputi direktorat Keamanan Kemenkominfo serta pegiat siber, dan bekerja sama dengan banyak pihak dari luar Indonesia.

Kemudian terjadi penyerangan ransomware yang mengancam Indonesia, yaitu Petya pada Juni 2017 lalu. Serupa dengan WannaCry, namun mekanisme Petya lebih bagus daripada WannaCry. Penyebarannya dengan mengenkripsi perangkat penyimpanan digital ke hard disk.

Halaman Selanjutnya
img_title