Waspada Situs Pendaftaran Bantuan Sosial Kemensos Palsu

Hoax
Sumber :
  • Pinterest

VIVAJabar – Bantuan sosial dari pemerintah kembali hadir untuk masyarakat. Penerima utamanya adalah keluarga yang namanya sudah terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Dapetin Saldo DANA Gratis Rp.100.000 Tiap Hari, Intip Caranya Disini!

Bahkan pada Juli 2024 ini, ada lebih dari satu bantuan yang akan cair dan bisa dinikmati masyarakat.  Tentu saja ini merupakan kabar gembira untuk masyarakat, terutama yang membutuhkan.

Namun tidak jarang, momen cairnya bansos juga menjadi ajang penipuan yang masif. Penipuan ini tersebar melalui SMS atau chat Whatsapp atau Telegram yang mengharuskan masyarakat mendaftar untuk mendapatkan bantuan sosial dari pemerintah.

Dapatkan Saldo DANA Gratis Hingga 100ribu Perharinya

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu, mengutip dari Kominfo.go.id, telah terjadi pesan beredar oleh nomor 085211900252 melalui aplikasi Telegram. Pesan itu berisi tautan untuk mendaftar Bantuan Sosial Periode Tahun 2024 dari Kementerian Sosial dengan total dana sebesar Rp700.000 per orang.

Kominfo menyebutkan bahwa tautan tersebut palsu dan merupakan penipuan.

Daftar Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis yang Wajib Kamu Coba, Nomor 5 Paling Populer

Untuk bisa mengecek penerima bansos dari pemerintah, masyarakat bisa membukanya melalui Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). DTKS sendiri adalah pusat yang berisi informasi mengenai penerima bantuan dan pemberdayaan sosial. 

Jadi, masyarakat sebaiknya berhati-hati bila mendapatkan pesan mengenai pendaftaran bantuan sosial. Jangan mengklik tautan sembarangan. Lebih baik mengecek terlebih dahulu melalui tautan yang resmi dari pemerintah.