Cara Menghindari Penipuan Top Up Game

Ilustrasi top up game
Sumber :
  • Screenshot

Viva Jabar –Top up tidaklah asing bagi para pemain game. Pasalnya, Ini adalah item yang dicari para gamer, karena top up game adalah kebutuhan dasar untuk membeli mata uang berbayar di dalam permainan.

Vicky Prasetyo Dilaporkan Kasus Penipuan Miliaran Rupiah, Anaknya Jadi Korban Bully

Gamer bisa membeli aksesori berbayar ketika sudah melakukan top up. Peluang ini dimanfaatkan oleh penjual. Tak jarang, penipu bisa memanfaatkan hal ini dengan menjual lebih murah. 

Setelah kesepakatan antara pembeli dan penjual untuk bertransaksi, penjual akan mengirimkan nomor rekeningnya. Pembeli yang tergiur murahnya voucher akan membelinya. Tanpa disangka-sangka, seseorang yang berpura-pura menjadi penjual akan menipunya. Setelah uang ditransfer ke nomor rekening tujuan. Maka nomor hp pembeli diblokir oleh Penipu dengan tujuan memutuskan komunikasi. 

Produk Ivan Gunawan Dijiplak Tanpa Izin di TikTok, Netizen: Haram!

Melansir dari VIVAnews, cara untuk menghindari penipu berkedok jual voucher game antara lain. Pertama, jangan tergiur dengan harga murah dibandingkan harga resmi. Kedua, pastikan membeli melalui jasa top up yang legal dan terpercaya. Warunk Gamers adalah salah satu contohnya, yang menyediakan layanan top up game 24 jam dengan berbagai pilihan permainan.

“Warunk Gamers sendiri menjadi situs resmi dan legal 100 persen dan berada di bawah badan hukum PT Warung Kreasi Nusantara, sehingga terjamin kualitas dan keamanannya,” ujar pendiri Warunk Gamers, Oki Andyono melalui keterangan resmi, dikutip Sabtu 6 Mei 2023. 

Ivan Gunawan Geram, Produknya Dijiplak Pedagang TikTok

Ketiga, jangan memberikan data pribadi seperti nomor KTP, kode OTP, atau password pada penjual. Pastikan juga tidak mendownload aplikasi yang tidak jelas atau melakukan transaksi tambahan di luar harga yang telah ditetapkan.

Keempat, gunakan PIN atau biometrik saat melakukan transaksi agar data Anda lebih aman. Terakhir, laporkan jika ada hal yang mencurigakan pada laman bantuan resmi game.