Perilaku ini Disenangi Allah SWT dan Manusia

Pinterest /PNGtree
Sumber :
  • Pinterest

Viva Jabar –Ada perilaku yang membuat manusia disenangi Allah SWT dan manusia lainnya. Ia selalu dirindukan meski bukan keturunan anak raja, anak sultan, anak presiden, anak menteri dan lainnya. Allah menyenanginya karena perilakunya. Manusia juga demikian. Apa itu? Dermawan

Sering Bantu Teman, Raffi Ahmad Justru Bingung Saat Dipuji

Melansir dari NU online, dermawan disenangi manusia dan Allah SWT. Pasalnya, perilaku ini mendatangkan maslahat dan kegembiraan bagi manusia lainnya. Saleh sosial ( dermawan) lebib berarti daripada saleh ibadah. Saleh ibadah dengan kekikiran menjadikannya tak bisa diharapkan bantuannya. 

Pelit itu sendiri didefinisikan sebagai orang yang tak mau mendermakan hartanya di jalan Allah. Hartanya seolah akan tiada jika disumbangkan ke anak yatim. Harta yang begitu banyaknya jadikan ia terbelenggu, seolah takut miskin seketika. Inilah perilaku yang dibenci Allah dan manusia. 

Luar Biasa! Usai Sumbangkan Rp.1 Miliar, Ivan Gunawan Beri Bantuan Ambulans untuk Palestina

Al-Qusyairi juga mengutip hadits yang memuat keutamaan kemurahan hati dan sikap dermawan, 

Dari Aisyah RA, ia berkata, Rasulullah SAW bersabda, ‘Orang dermawan dekat dengan Allah, dekat dengan manusia, dekat dengan surga, dan jauh dari neraka. Sebaliknya, orang yang kikir jauh dari Allah, jauh dari manusia, jauh dari surga, dan dekat dengan neraka. Orang bodoh yang dermawan lebih disukai oleh Allah daripada ahli ibadah yang kikir,’” (Lihat Abul Qasim Al-Qusyairi, Ar-Risalah Al-Qusyairiyyah,[Kairo, Darus Salam: 2010 M/1431 H], halaman 135).

Dituduh Pelit Biarkan Casing HP Raffi Ahmad Rusak, Nagita Slavina Bongkar Saldo ATM

Ahli ibadah yang kikir tidak disukai Allah. Sebab, ia tak mau mempedulikan orang lain. Islam sangat peduli kepada orang lain. Ia tak ingin umatnya bersikap individualis dalam tolong menolong. Tetapi, bukan berarti islam mengharamkan kepemilikan pribadi. Yang digarisbawahi adalah kikir atau pelit. Lawan katanya dermawan. Yang terakhir ini bisa dilihat dari bagaimana kepedulian seseorang kepada orang lain. 

Al-Qusyairi mengatakan, orang yang murah hati adalah orang yang ringan untuk berbagi. 

Halaman Selanjutnya
img_title