Nikah Beda Agama, Begini Tanggapan Buya Yahya

Nikah beda agama
Sumber :
  • Pinterest

Viva Jabar –Pernikahan adalah momen sakral bagi semua pemeluk agama. Kesakralan itu tidak bisa ditawar-tawar. Lantas, bagaimanakah dengan hukum nikah beda agama

Mahasiswa Bandung Komitmen Jaga Kerukunan, Toleransi dan Nilai Luhur Kebangsaan

Pernikahan selebriti beda agama sudah jamak terjadi. Pernikahan mereka dikenal langgeng. 

Menanggapi nikah beda agama, begini menurut Buya Yahya. seorang wanita beragama Muslim, ada baiknya dinikahi oleh pria beragama Muslim juga. Begitu pun dengan yang beragama Nasrani, ada baiknya dinikahi oleh pria beragama sejenisnya.

Kisah Inspiratif Dian Sastrowardoyo, Dari Pertanyaan Tentang Tuhan Hingga Memeluk Islam

"Seandainya ada agama nasrani melarang atau agama hindu melarang anak anaknya menikah dengan berbeda agama, kalau dipandang secara agama itu tidak boleh justru ditinjau dari sisi mewujudkan keindahan rumah tangga sangat sah yang demikian itu,” terang Buya Yahya dalam kanal YouTubenya.

Menurut Buya Yahya, menikah beda agama hukumnya haram dan tidak sah. Namun, dalam himbauan beliau, orang yang sudah terlanjur nikah beda agama jangan dicaci maki. Lebih lanjut, menurutnya, Sebaliknya, memberi pemahaman yang baik akan hal ini. 

Mimpi Basah di Siang Hari Saat Puasa Ramadan, Ini Hukumnya Menurut Buya Yahya

“Lalu bagaimana jika seseorang sudah terlanjur menikah seperti itu? Ya diberi pemahaman, bukan dicaci maki.....Jadi banyak orang yang nikah beda agama itu karena ketidak mengertian, gara-gara fatwa salah pada tahun 1998,” sambung lagi Buya Yahya.

Menurutnya, orang nikah beda agama gara-gara ada fatwa salah tahun 1998. Sehingga, orang-orang mengikutinya. Lanjutnya, Tetapi, tidak perlu mencaci maki mereka yang tidak tahu. 

Halaman Selanjutnya
img_title