Citarum Harum Jadi Salah Satu Prioritas Percepatan STBM di Jawa Barat

Dinkes Jabar
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Jabar – Program Citarum Harum yang merupakan salah satu pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Tindak Tegas Bikers Sunmori, Masyarakat Diminta Melapor jika Ada Balapan Liar

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Nina Susana menghadiri Workshop Evaluasi Citarum Harum dan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) secara daring melalui Zoom Meetings, Selasa (16/5/2023).

“Kegiatan STBM 5 pilar merupakan salah satu upaya memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan pada petugas pengelola program penyehatan air dan sanitasi dasar Kabupaten/Kota untuk pencapaian percepatan target Jawa Barat dalam menjalankan STBM 5 pilar sebagai upaya menciptakan Citarum Harum,” katanya.

Pemkab Purwakarta Utus 22 Kafilah di Ajang MTQ ke-38 Tingkat Provinsi

Kegiatan yang berlangsung selama dua hari ini diharapkan Kadinkes agar para peserta dapat mengikuti dan memandang kegiatan ini sebagai kegiatan prioritas dalam upaya percepatan STBM di Jawa Barat.

Selama 15 tahun lebih STBM berjalan di Jawa Barat, pada 2021 pertama telah memunculkan 3 kabupaten yang sudah mendeklarasikan dirinya sebagai kabupaten yang terbebas dari buang air besar sembarangan (BABS), yaitu Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang dan Kabupaten Sukabumi.

Kurang Sosialisasi, 8 Warga Subang Meninggal karena DBD

Pada tahun 2022 ditambah lagi 2 kabupaten dan 1 kota yang sudah mendeklarasikan ODF yaitu Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut dan Kota Depok.

“Tahun 2023 ini Kota Bandung, Kota Banjar serta Kabupaten Pangandaran sudah mendeklarasikan BABS dan sedang berproses untuk mendapatkan sertifikat dari Gubernur Provinsi Jawa Barat,” tambahnya.

Halaman Selanjutnya
img_title